BI Gelar Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan, Hadiahnya Rp92 Juta!

Net. Ilustrasi BI
Net. Ilustrasi BI

Serang – Bank Indonesia kembali menyelenggarakan Lomba Karya Ilmiah Stabilitas Sistem Keuangan (LKI SSK) pada tahun 2016. Tahun ini, tema umum yang diangkat adalah “Mengukur Kerentanan Sistem Keuangan di Tengah Dinamika Perekonomian Global dan Domestik”.

Dengan total hadiah sebesar Rp92.500.000,- (sembilan puluh dua juta lima ratus ribu rupiah), lomba dibuka untuk masyarakat umum.

Dikutip dari situs resmi BI Banten di http://www.bi.go.id/ untuk berpartisipasi dalam lomba, masyarakat dapat menyerahkan karya tulis baik secara perorangan maupun kelompok. Lomba tertutup bagi pegawai Bank Indonesia dan pihak yang terafiliasi dengan Bank Indonesia atau juara LKI SSK BI dalam dua tahun terakhir. Dari seluruh karya yang masuk, akan dipilih lima pemenang.

Peserta dapat memilih 1 (satu) subtema untuk setiap karya ilmiah. Pilihan subtema adalah:

-Mengukur kerentanan ekonomi regional yang berdampak pada stabilitas sistem keuangan.
-Mengukur kerentanan sektor korporasi dan/atau rumah tangga Indonesia dan perubahan perilakunya
-Mengukur kerentanan perbankan dan/atau institusi keuangan non bank (konvensional dan syariah).
-Mengukur kerentanan pasar keuangan Indonesia.

Adapun kriteria penilaian LKI SSK 2016 meliputi, namun tidak terbatas pada tiga komponen sebagai berikut :

1. Kesesuaian tema
2. Sistematika penulisan karya ilmiah
3. Presentasi pada tahap penjurian finalis

Untuk membantu penyusunan LKI, peserta LKI antara lain dapat memperoleh referensi dan data terkait di Perpustakaan Bank Indonesia Kantor Pusat dan di seluruh Perpustakaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di daerah, atau melalui website Bank Indonesia (www.bi.go.id). Selanjutnya, hasil karya tulis disampaikan kepada Bank Indonesia dalam bentuk hardcopy dan softcopy paling lambat tanggal 25 September 2016 (cap pos).

Informasi lengkap mengenai pelaksanaan LKI dapat diunduh pada lampiran atau menghubungi Call Center Bank Indonesia di nomor telepon (021) 131 atau email bicara@bi.go.id. (Aneu)