BI Minta Warga Bijak Berbelanja

0
1.548 views
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja. Foto: SUSI/RADAR BANTEN

SERANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten meminta masyarakat untuk bijak dalam berbelanja dan tidak panik menghadapi virus corona yang masuk Indoensia.

Demikian disampaikan Kepala KPw BI Banten Erwin Soeriadimadja, kemarin. Menurutnya, masyarakat bijak berbelanja dengan cara membeli barang sesuai kebutuhan. Kegiatan belanja yang terlalu berlebihan akan menimbulkan panic buying dan lonjakan harga. “Kondisi ini dapat memicu inflasi yang berdampak perekonomian dan melemahkan daya beli masyarakat,” katanya.

Menurutnya, masyarakat harus bersikap lebih bijak dalam berbelanja kebutuhan, khususnya bahan pokok. Berbelanja sesuai kebutuhan, tidak berlebihan dan tidak menimbun komoditas pangan maupun obat-obatan. “BI terus mendorong agar masyarakat tetap waspada menjaga kesehatan serta tetap bersikap bijak dalam berbelanja barang kebutuhan,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, pemerintah akan terus meningkatkan ruang stimulus fiskal dan memberikan kemudahan berusaha di sektor riil, termasuk kegiatan pariwisata, ekspor dan impor. Ini agar dapat menopang pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia terus konsisten menjaga stabilitas moneter, nilai tukar Rupiah, dan pasar keuangan, serta mendorong momentum pertumbuhan ekonomi. Otoritas Jasa Keuangan juga menempuh kebijakan untuk melakukan stabilisasi pasar saham serta terus memperkuat ketahanan industri perbankan dan jasa keuangan lain.

“Sehubungan dengan hal tersebut, masyarakat tidak perlu untuk melakukan panic buying yang akan mengakibatkan meningkatnya harga,” katanya. (skn/aas)