Biar Daster Tidak Cepat Buluk? Baca Ini

foto : Dsitro Batik

Wanita dan daster sudah menjadi hal tak terpisahkan. Indonesia yang memiliki iklim tropis menjadi salah satu faktor mengapa para wanita senang menggunakan pakaian berbahan adem dan tipis.

      Tapi Ladies, pasti tidak mau kan kalau saat memakai daster terlihat lebih lusuh? Apalagi daster yang dipakai terlihat kumel. Pemakaian daster yang berulang-ulang siang malam menjadikannya cepat buluk. Calm down Ladies, ikuti tips ini supaya koleksi daster di lemari tidak cepat buluk. 

  •  Segera Dicuci

Ya, benar. Kalau daster sudah bau dan kotor terkena noda, jangan tunggu menumpuk berhari-hari di keranjang cucian dong. Apalagi jika kerap memasak memakai daster. Dan lagi saat membersihkan rumah. Debu dan kotoran akan menempel. Jadi, jangan ragu untuk segera mencuci. Jangan sampai nih kotoran itu kering dan menjadi kotoran membandel dan susah dibersihkan.

  •  Pisahkan Saat Mencuci

Kalau Ladies termasuk dastermania, jangan sayang-sayang untuk memisahkan daster dengan cucian lain. Supaya bisa tertangani dengan baik saat mencuci. Daster batik atau daster dengan warna yang mencolok biasanya akan mengalami kelunturan di awal pemakaian. Jadi, untuk berjaga-jaga sebaiknya pisahkan daster dengan pakaian-pakaian yang lainnya.

  •  Gantung

Nah, ini juga penting nih. Saat pengeringan setelah mencuci, gantung daster di tempat yang tidak terlalu lembab atau terlalu panas. Jika dijemur dengan cara biasa, saat diangkat, biasanya akan meninggalkan bekas. Dan ini menjadi PR saat menyeterika.

  • Simpan

Setelah mencuci daster dengan bersih, lipatlah daster dengan rapi agar tidak kusut pada saat ingin digunakan kembali. Simpan daster di tempat yang bersih dan tertutup. Bila perlu beri penyerap air pada lemari agar tidak lembab. Dan jangan lupa beri pengharum atau kamper.

  •  Hindari Menyetrika Daster Kaos

Menyetrika daster yang berbahan kaos justru akan membuat warna daster memudar. Jadi, bila tidak ingin daster kusut, lebih baik digantung saja. Lain halnya dengan daster selain berbahan kaos, seperti daster batik, dan daster bordir yang boleh-boleh saja disetrika. Selain warnanya memudar, daster kaos yang terlalu sering disetrika juga akan molor.

  •  Hati-hatilah Saat Memakai

Ini yang terpenting agar daster tetap awet, berhati-hati saat memakainya. Hal ini biasanya justru diabaikan  sebagian orang sehingga menyebabkan dasternya mudah rusak. (Hilal Ahmad)