Sebentar lagi masyarakat Tionghoa akan merayakan tahun baru Imlek. Tahun ini adalah tahun monyet dengan unsur elemen api. Pakar fengsui Anita Zou mengatakan, setiap shio membawa energi yang berbeda. Tahun ini masuk tahun monyet api. Menurut Anita, monyet api memliki sifat playful dan tricky serta apinya seperti petasan, menyala tapi tidak stabil.

“Karena itu, kalau saham naik turun, itu representasi elemen api yang tidak stabil,” jelas perempuan yang mengantongi Sertificate in Practice of Fengshui dan Accredited Fengshui Master dari International Fengshui Association tersebut, seperti dilansir JPNN.

Untuk menyikapi hal itu, yang pertama dilakukan adalah mempersiapkan rumah supaya energinya bisa bersinergi dengan penghuni. Dilihat dari perhitungan, arah yang baik secara energi adalah barat daya dan timur. Pada dua penjuru rumah tersebut, bisa ditempatkan aktivator seperti air mancur, kipas angin, atau TV.

“Bila rumah atau tempat usaha menghadap ke dua arah itu, bisa dibilang keberuntungan akan lebih baik daripada tahun sebelumnya,” imbuhnya.

Sebaliknya, dua arah yang kurang baik untuk tahun ini adalah timur laut dan tengah rumah. Energi yang kurang baik itu berunsur tanah. Dalam siklus lima elemen fengsui, tanah akan diserap oleh unsur logam. Untuk menetralkan energi yang kurang baik, Anita menyarankan peletakan hiasan dari logam atau tembaga di bagian timur laut dan tengah rumah. Dalam perayaan Imlek, terdapat kebiasaan mengangkat simbol atau makna positif tertentu.

“Orang Tionghoa percaya jika merayakan awal tahun dengan baik, kebaikan akan selalu ada hingga akhir tahun,” ujar Elisa Christiana BA MA MPd, ketua Program Studi Sastra Tionghoa UK Petra Surabaya.

Tradisi memberi angpao pun memiliki penjelasan. Sebelum mendapat angpao, anak atau orang yang lebih muda harus mengucapkan selamat tahun baru kepada orang tua atau kakek dan neneknya, lengkap dengan doa. Sebagai balasan ucapan dan doa, orang yang lebih tua memberikan angpao dalam amplop merah.

“Itu merupakan simbol bahwa orang yang lebih tua memberi doa dan bekal finansial untuk tahun baru,” papar Elisa. (JPNN)
Atur Fengsui

– Menyambut tahun Monyet Api secara positif bisa dengan ”spring cleaning” atau pembersihan rumah. Berikut caranya:

– Buang, sumbang, atau jual barang yang tidak terpakai.

– Bersihkan bagian dapur yang jarang terjangkau.

– Bersihkan kamar tidur secara total, termasuk bawah ranjang.

– Cuci gorden dan bersihkan dengan detail semua kusen.

– Tata ulang interior rumah sehingga lebih nyaman.

Tip:

– Sektor yang rentan percekcokan adalah barat laut. Jika kamar tidur utama ada di sektor itu, redam pertengkaran dengan pasangan untuk hal sepele. Bisa ditambahkan dekorasi atau soft furnishing merah untuk menetralkan energi.

– Sektor yang baik secara akademis untuk tahun ini adalah barat. Jika memiliki kepentingan yang berhubungan dengan pendidikan, ada baiknya memilih barat sebagai tempat meja belajar.

Sumber: Anita Zou, ahli fengsui