Biaya Pengamanan Pilkada Rp3,7 Miliar

0
8.751 views
Suasana rapat koordinasi pengamanan pilkada di Aula Brigjen KH Syam’un, Pemkab Serang, Kamis (20/2).

SERANG – Biaya pengamanan untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Serang mencapai Rp3,7 miliar. Dana sebesar itu berasal dari APBD 2020.

Hal itu terungkap pada rapat koordinasi pengamanan pilkada di Aula Brigjen KH Syam’un, Pemkab Serang, Kamis (20/2). Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Serang Ajat Sudrajat dan diikuti oleh perwakilan instasi TNI-Polri di wilayah Kabupaten Serang.

Ajat mengatakan, anggaran Rp3,7 miliar itu untuk segala kebutuhan pengamanan setiap tahapan pilkada. Yakni, untuk belanja pengamanan Rp2,9 miliar, biaya surat perintah perjalanan dinas (SPPD) dan transportasi Rp200 juta, serta untuk pengamanan perlindungan masyarakat (linmas) Rp500 juta. “Pokoknya total semuanya ada Rp3,7 miliar,” katanya.

Ia menjelaskan, belanja pengamanan Rp2,9 miliar itu akan dialokasikan untuk pengamanan yang dilakukan oleh TNI-Polri. Pihaknya akan melibatkan lima instansi TNI-Polri untuk proses pengamanan. Yakni, Polres Serang, Polres Serang Kota, Polres Cilegon, Kodim 0602/Serang, dan Kodim 0623/Cilegon. “Adapun besarannya disesuaikan dengan jumlah personel dan wilayahnya,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Ajat, SPPD dan transportasi Rp200 juta untuk biaya penunjang kegiatan seperti penyaluran logistik ke daerah terpencil. “Untuk linmas, kita ada sekitar 9.234 linmas di setiap TPS,” terangnya.

Dikatakan Ajat, pihaknya akan mulai bertugas melakukan pengamanan pilkada pada Juli 2020. Pihaknya akan mengerahkan 97 personel yang disebar ke seluruh kecamatan. “Karena kita diberi kewenangannya H-3 bulan sebelum pelaksanaan, dan H+1 bulan setelah pelaksanaan,” ucapnya. (jek/ags)