Bibit Sayur dan Bunga Disiapkan Warga RT 12 Bojongmadang

0
380 views

PAMARAYAN – Penghijauan menjadi fokus warga RT 12 RW 04, Kampung Bojongmadang, Desa/Kecamatan Pamarayan. Saat ini, bibit tanaman sayur dan bunga sudah disiapkan di rumah bibit.

Di kampung ini, jalanannya telah dilengkapi pagar bambu. Namun, penghijauannya memang masih kurang. Baru di beberapa rumah warga saja yang melengkapi halamannya dengan tanaman hijau.

“Kampung kami sudah melakukan pemagaran dan pengecatan. Rencananya juga akan dilakukan penghijauan, tetapi sekarang masih pembibitan. Kami punya rumah benih yang menjadi pusat pembibitan tanaman yang akan kami gunakan nanti,” terang Ketua RT 12 Asmudin.

“Sekarang sudah ada beberapa warga yang melakukan penghijauan di rumahnya. Ada yang bunga, ada juga yang membuat warung hidup,” tambah Asmudin.

Menurutnya, persiapan kampungnya menghadapi Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 sudah dimulai sejak Agustus lalu. Warga bergotong royong membersihkan lingkungan, melakukan pemagaran, dan pengecatan untuk memperindah lingkungan.

Ketua RW 04 Eko Sunardi membenarkan jika warga kampungnya akan fokus melakukan penghijauan. “Memang untuk penghijauan masih belum semua rumah melakukan, karena tanamannya masih kecil-kecil, masih di rumah bibit. Nanti ketika sudah siap, baru kami pindahkan ke lingkungan. Saya kira, waktunya masih cukup panjang, masih ada waktu bagi kami untuk menata kampung kami,” ujarnya.

“Kami melakukannya pelan-pelan, karena kesibukan masing-masing warga. Tetapi saya yakin, penataan akan terus meningkat dari waktu ke waktu. Kalau warga, yang terpenting ada penggeraknya. Contohnya waktu pemagaran juga kami bergotong royong,” tutup Eko. (rio/don)