Bibit Tanaman Mulai Disiapkan

0
509 views

WALANTAKA – Beberapa warga RT 05 RW 03, Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Walantaka, telah menyiapkan bibit tanaman. Penghijauan menjadi fokus warga RT di Lingkungan Temiang ini untuk berkompetisi di Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Sekilas, lingkungan RT 05 belum ada penataan. Selokannya masih kotor. Sampah plastik dan rumput liar menghiasinya. Jalanannya pun rusak.

Karenanya, Ketua RT 05 Robi Herdian Hasrani menganggap, keikutsertaan RT-nya di LRLA Kota Serang 2020 adalah tantangan untuk memperbaiki lingkungannya. “Saya merasa tertantang. Makanya, nanti kita bakal fokus penghijauan aja,” katanya kepada Radar Banten, Senin (27/4).

Robi tidak menampik jika warganya belum bergerak menata lingkungan RT 05. Namun, ia mengaku, telah meminta warganya untuk menanam tanaman di pekarangan rumah masing-masing. Sejumlah warga sudah mulai memenuhi permintaan itu. “Kalau ada penghijauan kan jadi sedikit enak dilihat,” ujarnya.

Pengurus RT tidak menentukan jenis tanaman yang harus ditanam warga. Warga bebas menghijaukan pekarangan rumahnya dengan tanaman jenis apa pun. Yang harus dipenuhi warga adalah di pekarangan rumahnya minimal ada lima pot tanaman.

“Pokoknya, gimana pun caranya, yang penting kelihatan hijau,” tegas Robi.

Dari sisi keamanan, warga RT 05 berencana membangun pos ronda sederhana. Pekan ini bakal dilaksanakan. Bersamaan dengan pemasangan pagar bambu di pinggir jalan sepanjang 200 meter.

Lurah Tegalsari Sutihat menambahkan, pihaknya sengaja memilih RT 05, di antara enam RT, mengikuti LRLA agar warganya bisa memperbaiki lingkungannya. “Jadi, kondisinya (enam RT di Kelurahan Tegalsari yang ikut LRLA-red) bervariatif. Ada yang sudah ditata, ada juga yang belum,” ujarnya. (mg06/don)