Karateka pelajar Banten latihan jelang tampil di Popnas XIV Jawa Tengah pada September 2017

SERANG – Dua karateka pelajar Banten, Billy Bilmona dan Marcella Sekar Damayanti, menjadi andalan kontingen Banten untuk meraup medali pada ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV Jawa Tengah 2017. Billy dan Marcella diandalkan tidak lepas dari sederet prestasi yang direngkuh keduanya sepanjang tahun 2016 dan memasuki awal tahun 2017.

Prestasi tertinggi yang diraih keduanya yakni menyumbang medali perunggu bagi tim nasional (Timnas) Karate Indonesia di ajang Kejuaraan Karate Tingkat Asia atau Asian Karate-Do Federation (AKF) Championship ke-15 tahun 2016. Pada event tersebut, Billy Bilmona (kelas +76 kilogram cadet putra) dan Marcella Sekar Damayanti (kelas -48 kilogram cadet putri) sukses mempersembahkan medali perunggu.

Prestasi teranyar kedua karateka Banten yang juga penghuni pemusatan pelatihan nasional (pelatnas) karate yaitu sukses meraih medali emas di ajang Paspampres Open Karate Championship 2017 yang berlangsung di Sport Mall Kelapa Gading, Mahaka Square, DKI Jakarta, medio Januari 2017. Tidak hanya itu, di Paspampres Open Karate Championship 2017, Billy dan Marcella juga sukses menyabet penghargaan sebagai atlet best of the best (BOB).

Kepala Bidang (Kabid) Prestasi Olahraga Pelajar Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten Djajuli Khasan mengatakan, kesuksesan yang diraih Billy dan Marcella akan menjadi bekal berharga bagi keduanya jelang memperkuat tim karate pelajar Banten di ajang Popnas XIV. “Cabang olahraga (cabor) karate juga menjadi salah satu cabor unggulan kami di popnas nanti. Tentunya kami berharap di popnas nanti cabor karate bisa menjadi bagian kesuksesan kontingen Banten dalam meraih prestasi terbaik,” kata Djajuli kepada Radar Banten, Senin (20/3).

Djajuli menambahkan, kualitas Billy dan Marcella terus berkembang selama bergabung di pelatnas. Itu terbukti dari peningkatan prestasi yang diraih keduanya di berbagai event nasional. “Kami berharap, performa keduanya terus mengalami peningkatan. Ini adalah untuk pertama kalinya Billy dan Marcella bergabung di Timnas tapi langsung bisa meraih medali. Kami ingin puncak performa kedua terjadi di popnas nanti,” imbuhnya.

Ketua Umum Pengprov Forki Banten Marulli Girsang menyatakan, meski masih minim pengalaman tampil di event internasional, namun kedua karateka pelajar Banten masih bisa mengibarkan bendera merah putih di event AKF Championship 2016. “Ini aset masa depan karate Banten. Sekarang mereka (Billy dan Marcella-red) sudah memiliki mental juara, pengalaman, dan prestasi internasional. Mudah-mudahan di popnas nanti bisa mempersembahkan emas bagi Banten,” ucapnya singkat. (Andre AP/Radar Banten)