Bimtek Saksi Partai Politik Kurang Diminati

0
418 views

LEBAK – Bimbingan teknis (bimtek) untuk saksi dari partai politik (parpol) peserta pemilu 2019 di Kecamatan Maja, Lebak, kurang diminati. Pada bimtek sesi ketiga yang dilaksanakan di ECO Club Citra Maja Raya, Rabu (10/4), tidak ada satu pun peserta yang hadir.

Deni Wahyudin, Ketua Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lebak, mengatakan, selama dua hari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan menggelar bimtek saksi parpol. Kegiatan tersebut merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Hari ini, Panwaslu kecamatan melaksanakan bimtek saksi parpol peserta pemilu 2019. Bawaslu Lebak sendiri melakukan monitoring ke kecamatan-kecamatan untuk memastikan kegiatan tersebut berjalan lancar,” kata Deni Wahyudin kepada Radar Banten, Rabu (10/4).

Di Maja, sesi pertama yang diundang sebanyak 71 saksi, sedangkan yang hadir 10 orang. Sesi kedua diundang sebanyak 126 saksi, yang hadir 46 orang. Sedangkan sesi tiga dari mulai pukul 13.00 WIB sampai 15.00 WIB, belum ada yang hadir sama sekali. Kondisi serupa terjadi hampir di semua kecamatan di Lebak.

“Iya, sampai sekarang belum ada yang hadir. Kita tunggu sampai pukul 15.00 WIB, jika masih kosong berarti mereka enggak hadir,” jelasnya.

Bimtek saksi parpol peserta pemilu, lanjut dia, untuk menyamakan persepsi antara peserta, saksi, dan penyelenggara pemilu. Jika ada pemahaman yang berbeda di lapangan, pihaknya ingin ada kesepahaman dalam menyelesaikan perbedaan tersebut.

“Kami menyayangkan sekali para saksi tidak hadir dalam bimtek saksi yang kami laksanakan. Padahal sebelumnya, kami telah berkoordinasi dengan pimpinan partai politik di tingkat kabupaten agar memerintahkan saksinya menghadiri bimtek yang dilaksanakan Bawaslu,” tegasnya. (Mastur)