Bintang Sains 2019 di Kecamatan Carenang, Anak Yatim Lolos ke Final

Pengurus PGRI Carenang Hasan Ansori, Ketua K3S Carenang Masidi, Pengawas Carenang Dulgafar, host Tb Randi Purwa dan Conita Malina Amalia, Penilik Carenang Edi, dan Kasi Kesiswaan Bidang SD Dindikbud Kabupaten Serang Aat Supriyadi berfoto bersama sepuluh finalis Bintang Sains 2019 perwakilan Kecamatan Carenang.

Hari ke-26 road show Bintang Sains 2019 di Kecamatan Carenang, Rabu (13/2) berlangsung seru dan mengharukan. Lomba diselenggarakan di Gedung PGRI Carenang. Salah satu peserta dari SDN Mendaya 2, Suwandi yang merupakan anak yatim berhasil lolos menjadi bagian dari sepuluh finalis perwakilan Kecamatan Carenang.

Suwandi berfoto bersama kepala sekolah (kiri) dan guru pendamping usai menerima medali dan piagam.

Bintang Sains di Kecamatan Carenang diikuti 155 peserta dari 17 sekolah. Lomba dibagi dua sesi dan menyisakan 59 peserta pada babak penentuan. Peserta di Kecamatan Carenang cukup antusias. Beragam ekspresi ditampilkan peserta, mulai dari teriak, mengusap wajah, hingga mengangkat kedua tangan ke atas ketika berhasil menjawab pertanyaan dengan benar. Pada babak penentuan, persaingan peserta semakin sengit. Terlebih ketika perebutan sisa jatah satu finalis.

Namun, keberuntungan menjadi milik Suwandi. Siswa kelas V peserta dari SDN Mendaya itu, tak mampu menahan rasa haru dan bangganya karena lolos sebagai finalis. Siswa bertubuh mungil itu sampai bersujud syukur dan mengusap wajahnya berulang kali di arena lomba hingga menjadi pusat perhatian para guru pendamping dan finalis lain. Diketahui, Suwandi ditinggal almarhum ayahnya sejak kelas III. Anak semata wayang yang tinggal di Kampung Kedungsentul, Desa Walingkukud, Kecamatan Carenang ini dikenal rajin dan berprestasi. Suwandi terpilih sebagai peserta Bintang Sains juga karena bintang kelas di sekolahnya. “Alhamdulilah, kemenangan ini saya persembahkan buat ibu di rumah,” ucapnya.

Kesepuluh finalis didominasi peserta dari SDN Mendaya 3 sebanyak empat peserta. Lainnya dua peserta dari SDN Regas 1, satu peserta dari SDN Regas 2, satu peserta dari SDN Teras 2, satu peserta dari SDN Carenang 2, dan satu peserta dari SDN Mendaya 2. Kesepuluh finalis diberikan piagam dan medali yang diserahkan oleh Pengawas Carenang Dulgafar, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Carenang Masidi, Pengurus PGRI Binuang Hasan Ansori, Penilik Carenang Edi, dan Kasi Kesiswaan Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Aat Supriyadi.

Kepala SDN Mendaya 2, Sarsih Suhartini mengaku bangga atas lolosnya Suwandi menjadi bagian dari finalis Bintang Sains mewakili Kecamatan Carenang. Kata Sarsih, Suwandi merupakan siswa baik dan berprestasi. “Suwandi juga anaknya rajin dan penurut. Semoga bisa jadi juara,” harapnya.

Ketua K3S Kecamatan Carenang Masidi menilai, Bintang Sains merupakan ajang lomba luar biasa dan wajib dilaksanakan rutin setiap tahun. “Lomba seperti ini mampu meningkatkan kualitas siswa, jadi harus berkelanjutan,” pintanya. (Haidaroh)