Bintang Sains 2019 di Kecamatan Kibin, Percaya Diri dan Serius Belajar Jaminan Juara

Ketua FKGS Kibin Hasuri, Pengawas Kibin Jukri dan Jiji Darji, host Tb Randi dan Conita Malina Amalia, Ketua K3S Kibin Jum’an, Ketua PGRI Kibin Samingun, Pengawas Kibin Sukeni, dan Kasi Kesiswaan Dindikbud Kabupaten Serang Aat Supriyadi berfoto bersama sepuluh finalis Bintang Sains 2019 perwakilan Kecamatan Kibin.

Gelaran road show Bintang Sains 2019 hari ke-24 di Kecamatan Kibin diselenggarakan di gedung SDN Kadingding, Senin (11/2), cukup menguji mental siswa. Hasilnya, kepercayaan diri dan keseriusan siswa dalam belajar menjadi jaminan mereka menuju tangga juara.

Di Kecamatan Kibin, Bintang Sains 2019 diikuti 170 siswa dari 20 sekolah. Lomba dibagi dua sesi hingga tersisa 47 peserta pada babak penentuan. Sejak sesi pertama, persaingan peserta cukup sengit dan menunjukkan kepercayaan diri menjawab soal yang dibacakan host selama jalannya lomba. Sampai akhirnya di babak penentuan, siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi dan keseriusan dalam belajar sebelum menghadapi lomba yang terpilih menjadi sepuluh finalis Bintang Sains mewakili Kecamatan Kibin.

Salah satu peserta dari SDN Nambo Ilir Yunengsih yang gagal menjadi finalis mengaku sedih karena kalah pada saat mendapat kesempatan memperebutkan satu posisi finalis. Kendati demikian, Yunengsih merasa bangga karena sudah menjadi bagian dari Bintang Sains dan akan dijadikannya sebagai bekal dan pengalaman berharga. “Tadi ragu-ragu, jadi jawabannya salah,” sesalnya.

Sepuluh finalis didominasi SDN Garung sebanyak tiga peserta. Selebihnya satu peserta dari SDN Tinggulun, satu peserta dari SDN Tunas Gemilang, satu peserta dari SDN Sukamaju, satu peserta dari SDN Kedaleman, satu peserta dari SDN Bangun Jaya, satu peserta dari SDN Citawa, dan satu peserta dari SDN Cijeruk. Kesepuluh finalis pun diberikan piagam dan medali yang dikalungkan oleh Pengawas Kibin Jiji Darji dan Jukri, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kibin Jum’an, Ketua PGRI Kibin Samingun, dan Ketua Forum Komunikasi Guru SD (FKGS) Kibin Hasuri.

Salah satu finalis dari SDN Tinggulun, Salsa Kayla Putri mengaku senang dan terharu bisa lolos sebagai finalis Bintang Sains mewakili Kecamatan Kibin. “Saya sudah belajar serius sama ibu di rumah dan guru di sekolah,” akunya.         

Ketua K3S Kecamatan Kibin Jum’an menilai, Bintang Sains merupakan event yang mampu meningkatkan kualitas kecerdasan siswa. “Pertanyaannya sesuai dan lomba berlangsung ketat. Ini bisa menumbuhkan mental juara bagi siswa,” ucapnya. (Haidaroh)