Bintang Sains 2019 di Kecamatan Mancak, 10 Finalis Ditentukan Soal Kedelai

Pengawas Mancak Atang dan Yusuf, Sekretaris PGRI Mancak Tohir, dua host, Ketua FKGS Mancak Suhada, dan Kasi Kesiswaan Dindikbud Kabupaten Serang Aat Supriyadi berfoto bersama sepuluh finalis perwakilan Mancak.

Kecamatan Mancak menjadi wilayah penutup road show Bintang Sains di Kabupaten Serang. Kemarin (18/2), lomba adu kecerdasan dan kepercayaan diri itu diselenggarakan di gedung PGRI Mancak. Lomba berlangsung seru dan menegangkan. Uniknya, sepuluh finalis perwakilan Kecamatan Mancak langsung terpilih ketika host membacakan soal level II tentang kedelai.

Salah satu peserta menerima bingkisan setelah menjawab soal kuis berhadiah dengan benar.

Di Kecamatan Mancak, Bintang Sains diikuti 140 siswa dari 28 sekolah. Lomba dibagi dua sesi. Sebanyak 39 peserta yang tersisa pada babak penentuan memperebutkan jatah sepuluh finalis. Seperti di kecamatan sebelumnya, pada sesi penyisihan banyak peserta berguguran saat soal esai, terutama mata pelajaran matematika. Beragam ekspresi ditunjukkan sejumlah peserta yang gugur. Pada sesi penentuan, lomba semakin menegangkan. Setelah lima pertanyaan mampu dijawab, peserta mulai berguguran pada soal level II. Pertanyaannya, “Bahan dasar untuk membuat tahu disebut?”. Tidak diduga, soal tersebut mampu dijawab oleh sepuluh peserta dan langsung lolos menjadi finalis perwakilan Kecamatan Mancak.

Sepuluh finalis cukup merata, yang terdiri atas dua peserta dari SDN Batukuda, dua peserta dari SDN Taritih, satu peserta dari SDN Pasir, satu peserta dari SDN Talun 1, satu peserta dari SDN Mancak 2, satu peserta dari SDN Kadureges, satu peserta dari SDN Cingeurah, dan satu peserta dari SDN Saraga.

Kesepuluh finalis mendapat medali dan piagam penghargaan dari panitia yang diserahkan oleh Sekretaris PGRI Kecamatan Mancak Tohir, Pengawas Kecamatan Mancak Muhammad Yusuf dan Atang, Ketua Forum Komunikasi Guru SD (FKGS) Kecamatan Mancak Suhada, dan Kepala Seksi (Kasi) Kesiswaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Aat Supriyadi.

Guru pendamping SDN Teritih Atin Suryatin mengaku bangga atas dua anak didiknya yang lolos menjadi finalis Bintang Sains 2019 mewakili Kecamatan Mancak. “Alhamdulillah, saya senang sekaligus terharu,” ucapnya.         

Sementara itu, Pengawas Kecamatan Mancak Muhammad Yusuf menilai, Bintang Sains 2019 luar biasa dan menyedot antusiasme siswa agar mendapat pengalaman berharga. “Semoga acara ini terus jaya dan berkelanjutan,” doanya. (Haidaroh)