Bintang Sains 2019 di Kecamatan Pabuaran, Kejujuran Siswa Teruji

0
636 views
Peserta duduk berbalik arah setelah menjawab soal dengan benar.

Kejujuran peserta pada hari kesebelas gelaran road show Bintang Sains 2019 di Kecamatan Pabuaran, Jumat (25/1) teruji. Peserta mengikuti arahan host untuk tidak tengok kanan kiri apalagi mencontek. Lomba diselenggarakan di Gedung PGRI Kecamatan Pabuaran.

Peserta Bintang Sains 2019 di Kecamatan Pabuaran berjumlah 150 siswa dari 19 sekolah. Lomba dibagi dua sesi. Sesi pertama diikuti 75 peserta dan meloloskan 20 peserta ke babak penentuan. Sesi kedua dari 75 peserta tersisa 31 peserta untuk masuk babak berikutnya sehingga tersisa 53 peserta yang bersaing menjadi sepuluh besar.

Ketua K3S Pabuaran Tirta Turyana, Pengawas Pabuaran Wahro, dua host, Kapolsek Pabuaran AKP Yudha Hermawan, anggota PGRI Pabuaran Supandi, dan Pengawas Pabuaran Unen Gandamana berfoto bersama sepuluh finalis Bintang Sains 2019 perwakilan Kecamatan Pabuaran usai penyerahan medali dan piagam.

Seperti di kecamatan-kecamatan sebelumnya, peserta mulai berguguran pada pertanyaan esai hingga terpilih sepuluh finalis dan merata. Terdiri atas dua peserta dari SDN Pabuaran 1, dua peserta dari SDN Pasanggrahan, satu peserta dari SDN Kadubereum 2, satu peserta dari SDN Benda, satu peserta dari SDN Pabuaran 2, satu peserta dari SDN Calung, satu peserta dari SDN Kadubereum 1, dan satu peserta dari SDN Pabuaran 3. Kesepuluh finalis diberikan medali dan piagam yang diserahkan oleh Pengawas Kecamatan Pabuaran Wahro, Kapolsek Pabuaran AKP Yudha Hermawan, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Pabuaran Tirta Turyana, dan anggota PGRI Kecamatan Pabuaran Supandi.

Peserta mengangkat papan jawaban dari soal yang dibacakan host.

Kepala SDN Tanjungkulon Fahrudin mengaku tidak kecewa meski kelima siswanya yang mengikuti lomba gagal menjadi sepuluh finalis. Menurutnya, keikutsertaannya pada Bintang Sains sangat memuaskan. “Banyak pelajaran dan pengalaman berharga yang didapatkan siswa di Bintang Sains ini,” akunya.

Pengakuan serupa disampaikan siswi kelas V SDN Tanjungkulon, Linda Astuti. Katanya, Bintang Sains merupakan ajang lomba paling seru yang pernah diikutinya. “Deg-degan, soalnya susah-susah, tapi bikin semangat belajar,” ucapnya.

Para guru pendamping dan finalis Bintang Sains 2019 perwakilan Kecamatan Pabuaran menunjukkan ekspresi senang usai penyerahan medali dan piagam.

Sementara Kapolsek Pabuaran AKP Yudha Hermawan menilai, event Bintang Sains sudah membentuk karakter siswa menjadi lebih jujur dan diyakininya akan terbawa dalam keseharian siswa yang mengikuti lomba.

Salah satu peserta yang lolos sebagai sepuluh finalis dari SDN Pabuaran 1, Dewi Arum mengaku, tak menyangka bisa menjadi finalis Bintang Sains 2019 mewakili Kecamatan Pabuaran. “Terharu dan senang bisa membanggakan orangtua,” ucapnya. (Haidaroh)

Para finalis Bintang Sains 2019 perwakilan Kecamatan Pabuaran menerima medali dan piagam.