Bintang Sains 2019 Dimulai

SERANG – Event Bintang Sains 2019 yang digagas Radar Banten digelar perdana di Kabupaten Serang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Serang hari ini, Senin (14/1). Kompetisi lomba pengetahuan matematika dan sains yang akan diikuti ribuan siswa perwakilan dari 730 sekolah negeri dan swasta yang ada di Kabupaten Serang itu, akan dibuka di Gedung PGRI Ciruas, Kecamatan Ciruas.

Kecamatan Ciruas menjadi lokasi roadshow pertama Bintang Sains 2019 di Kabupaten Serang. Rencananya, event akan dibuka langsung oleh Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah. Acara juga akan dihadiri Direktur Radar Banten Mashudi, Sekda Pemkab Serang Tb Entus Mahmud Sahiri, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya, dari DPRD Kabupaten Serang, Dewan Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang, PGRI Kabupaten Serang, dan unsur pimpinan Kecamatan Ciruas.

Sebanyak 320 siswa dari 32 sekolah akan bersaing menjadi yang terbaik pada Bintang Sains 2019 tingkat Kecamatan Ciruas. Selanjutnya, sepuluh siswa terbaik akan kembali bersaing pada final Bintang Sains 2019 tingkat Kabupaten Serang yang rencananya akan digelar di Swiss-Belhotel International Hotels and Resorts, Modern Cikande. Di setiap roadshow, event juga akan ditayangkan secara live di Banten Raya TV, serta diliput tiga media massa yang terakreditasi Dewan Pers. Selain media harian Radar Banten, juga diliput media harian Banten Raya dan Tangerang Ekspress. Event juga akan ditayangkan di media sosial Instagram, Facebook, dan media online milik Radar Banten. Kegiatan akan dipandu oleh host berpengalaman, yakni Ratu Qonita Malina Amalia dan Tubagus Randy Purwa.

Drs. Asep Nugrahajaya, M.Pd

Sebelumnya, panitia menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Bintang Sains 2019 yang dirangkaikan dengan Literasi Media di Studio Banten Raya TV selama empat hari pada Desember 2018 dan disambut antusias para kepala SD di 29 kecamatan di Kabupaten Serang. Bahkan, semua kepala SD mendeklarasikan diri siap menyukseskan event Bintang Sains 2019 dan bertekad menjadi juara. Bintang Sains 2019 rencananya akan digelar hingga 9 Maret 2019 khusus di Kabupaten Serang.

Ketua Panitia Acara Andre AP meyakini, event Bintang Sains 2019 dapat mengasah wawasan dan tingkat kepercayaan diri siswa. Hasil event bisa dijadikan bahan penilaian pemerintah akan kualitas siswa didik. Event juga dapat menggali potensi dan kemampuan siswa untuk berfikir lebih kreatif dan inovatif. Bintang Sains 2019 juga merupakan upaya Radar Banten turut serta meningkatkan mutu pendidikan matematika dan sains di Kabupaten Serang.

“Mudah-mudahan babak penyisihan Bintang Sains 2019 di Ciruas bisa menghasilkan siswa terbaik, serta memotivasi SD dari kecamatan lainnya untuk bersaing menjadi yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dindikbud Kabupaten Serang Asep Nugrahajaya berharap, Bintang Sains 2019 menjadi ajang kompetitif dan salah satu tolok ukur potensi siswa dalam penguasaan materi pelajaran kelompok mata pelajaran matematika dan IPA (MIPA). Menurut Asep, hal itu patut menjadi perhatian karena kompetensi siswa pada mata pelajaran matematika dan IPA memberikan penguatan kemampuan pada higher order thinking skill (HOTS) yang dituntut dikuasai oleh setiap individu pada era yang selalu berubah dengan cepat.

“Terlebih kita sudah berada di area revolusi industri 4.0,” tuturnya. Asep pun mengimbau, para guru dan kepala sekolah memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendapat penguatan pelajaran MIPA melalui proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang variatif (teori dan praktik). “Dan selalu masuk dalam fasilitasi pengukuran atau pengujian yang kompetitif (tidak hanya tes biasa-red),” pesannya. (Nizar/RBG)