Bintang Sains 2019 Kecamatan Kaduhejo: Finalis Merata

Para pejabat UPTD Pendidikan foto bersama sepuluh finalis dari Kecamatan Kaduhejo usai penyerahan medali dan piagam.

Bintang Sains 2019 Pandeglang di Kecamatan Kaduhejo, Selasa (6/8), siang, berlangsung seru dan menegangkan. Persaingan peserta selama lomba sengit. Hasilnya, jatah 10 finalis yang akan maju ke babak final merata dari sembilan sekolah. Hanya SDN I Sukamanah yang menempatkan dua siswanya menuju final.

Penyerahan piagam dan medali kepada finalis.

Bintang Sains di Kecamatan Kaduhejo diikuti 219 peserta. Lomba digelar di gedung PGRI Kecamatan Majasari. Lomba dibagi dua sesi, sesi pertama 110 peserta dan sesi kedua 105 peserta. Ketegangan terjadi pada babak penentuan. Semua peserta unjuk gigi dan terlihat percaya diri menjawab soal yang dibacakan host dari Banten Raya TV. Peserta mulai berguguran pada soal kedua matematika. Tampak wajah kesal dari sejumlah guru pendamping yang melihat siswa didiknya gugur. Sementara wajah tegang terlihat dari guru yang siswa didiknya masih bertahan di arena lomba. “Huuuuh mereka yang lomba, kita yang tegang,” tukas salah satu guru pendamping yang langsung spontan menepukkan kedua tangannya cukup keras.

Peserta menunjukkan jawaban.

Sampai akhirnya, terpilih sepuluh finalis dari Kecamatan Kaduhejo yang akan maju ke babak final setelah sukses menjawab semua pertanyaan yang dibacakan host. Kesepuluh finalis cukup merata. Sebanyak sembilan sekolah yang mewakili sepuluh finalis.

Ketua Korwil Dindikbud Kaduhejo M Apendi mengaku dirinya antusias menyaksikan jalannya lomba yang digagas Radar Banten bekerja sama dengan Pemkab Pandeglang itu. Ia mengaku, banyak peserta yang tanpa persiapan mengikuti lomba yang menguji kemampuan matematika dan IPA itu. “Lomba ini sangat bagus untuk menguji kemampuan siswa. Saya harap, lomba bisa dilaksanakan setiap tahun,” harapnya usai menyerahkan medali dan piagam kepada finalis.   

Guru pendamping dan siswa yang gugur menyaksikan jalannya babak penentuan.

Sementara Kepala SDN Banjarsari 1 Siti Rokayah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Radar Banten yang sudah menggelar Bintang Sains. Katanya, lomba sudah memotivasi siswa dan guru agar lebih giat lagi belajar. “Kami yakin Bintang Sains ini dapat meningkatkan mutu pendidikan. Kami akan lebih optimal mendidik siswa. Kami optimistis, siswa kami yang masuk finalis bisa jadi pemenang di tingkat kabupaten,” ucapnya. (her/zai)

Salah satu finalis mendapatkan ucapan selamat dari guru dan rekan-rekannya.