Bintang Sains 2019 Kecamatan Kasemen 2: Anak Pencetak Bata Jadi Finalis

Kepala SD Padek 1 Safinah (ketiga dari kiri belakang) dan para guru pendamping berfoto bersama sepuluh finalis Bintang Sains 2019 perwakilan Kecamatan Kasemen 2 usai penyerahan medali dan piagam.

Hari kesepuluh Bintang Sains 2019 Kota Serang untuk peserta dari Kecamatan Kasemen 2 di Radar Banten Arena, Graha Pena Radar Banten, Rabu (13/3), berlangsung haru. Terutama saat mengetahui ada peserta bernama Adroli Safei dari SDN Keronjen yang merupakan anak tukang cetak batu bata lolos menjadi finalis perwakilan Kecamatan Kasemen 2.

Bintang Sains Kecamatan Kasemen 2 diikuti 195 dari 26 sekolah. Tersisa 89 peserta pada babak penentuan untuk memperebutkan jatah sepuluh finalis. Persaingan peserta cukup sengit. Beragam ekspresi ditunjukkan peserta usai menjawab soal, dari menggusap wajah sampai sujud syukur.

Peserta mulai berguguran pada soal esai matematika. Suasana berubah mengharukan ketika sepuluh peserta terpilih menjadi finalis. Mereka berlari ke pinggir arena untuk memeluk guru pendamping masing-masing.

Kesepuluh finalis perwakilan Kecamatan Kasemen 2 cukup merata.Yakni, tiga peserta dari SDN Karangantu, satu peserta dari SDN Cangkring, satu peserta dari SDN Kebon, satu peserta dari SDN Sinaba, satu peserta dari SDN Padek 1, satu SDN Pamarican 1, satu peserta dari SDN Mesjid Priyayi, dan satu peserta dari SDN Keronjen, yakni Adroli Safei yang diketahui hanyalah anak seorang tukang cetak bata.

Adroli Safei, anak tukang cetak bata dari SDN Keronjen bersama guru pendamping.

Adroli Safei mengaku bangga bisa lolos menjadi sepuluh finalis Bintang Sains 2019. Anak pertama dari tiga bersaudara itu pun mempersembahkan piagam dan medali Bintang Sains yang diraihnya untuk orangtua. “Bapak enggak bisa datang karena kerja. Semoga bapak senang anaknya bisa juara,” ucapnya bangga.

Guru pendamping SDN Kerojen Mar’atun Solihah mengaku, tidak menyangka salah satu siswa didiknya lolos menjadi sepuluh finalis. “Ini seperti mimpi. Alhamdulillah baru kali ini SDN Kerojen lolos di lomba yang luar biasa ini,” katanya.

Kesepuluh finalis diberikan medali dan piagam penghargaan yang diserahkan oleh guru pendamping SDN Karangantu Rochmatun Najilah, guru pendamping SDN Mesjid Priyayi Eva Susanti, Kepala SDN Padek 1 Safinah, guru pendamping SDN Kebon Khulukiah, dan guru pendamping SDN Cangkring Ahmad Sariman.     

Guru pendamping SDN Karangantu Rochmatun Najilah menyambut baik lomba Bintang Sains yang dinilainya dapat mencerdaskan siswa dengan kemasan lomba gaya milenial. (Haidaroh)