Bintang Sains 2019 Kota Cilegon (Season II): Kekuatan Mental Tentukan Jatah Finalis

20 finalis Bintang Sains 2019 Kota Cilegon dari Kecamatan Cibeber, Grogol, dan Kecamatan Citangkil berfoto bersama sambil menunjukan medali dan piagam.

CILEGON – Bintang Sains 2019 Kota Cilegon memasuki season II berlangsung pada Selasa (2/4). Kegiatan tersebut diikuti 273 siswa dari 86 sekolah dasar (SD) di lima kecamatan, meliputi Kecamatan Grogol, Ciwandan, Pulomerak, Citangkil, dan Kecamatan Cibeber.

20 finalis Bintang Sains 2019 Kota Cilegon dari Kecamatan Pulomerak dan Ciwandan berfoto bersama.

Baik sesi pertama maupun sesi kedua lomba, semua peserta bersaing ketat mengadu pengetahuan matematika dan IPA (MIPA). Namun, kekuatan mental menjadi penentu kemenangan hingga mengantarkan 40 peserta menjadi finalis dan masuk babak berikutnya pada grand finalis yang akan berlangsung hari ini, Kamis (4/4). Bahkan, pada sesi pertama untuk menentukan 20 finalis, panitia sampai harus mengeluarkan enam soal tambahan.

Salah satu finalis, Anisah Dwi Ardyanti dari SDN Taman Sari I, Kecamatan Pulomerak mengaku, tak menyangka bisa lolos grand final. “Perasaannya seneng. Tadi ada pilihan benar atau salah yang bikin susah,” akunya.

Anisah menjelaskan, dirinya tidak melakukan persiapan secara matang. Selain itu, ia juga tidak mengetahui teknis perlombaan. “Alhamdulillah lolos. Mudah-mudahan bisa ke luar negeri,” harapnya.

Finalis lainnya, Farida dari SD Temiang, Kecamatan Citangkil, mengaku senang dan bangga bisa masuk grand final. Siswa yang mempunyai hobi menggambar itu sudah melakukan persiapan lomba dengan belajar ditemani guru. “Seneng, dong. Mudah-mudahan bisa juara,” harapnya.

Sementara, guru pendamping SDN Taman Sari I Pulomerak, Sarmanah menilai, Bintang Sains 2019 merupakan lomba yang menarik dan dapat memotivasi siswa hingga guru. Ia berharap, event ini bisa dilaksanakan rutin setiap tahun.     

“Utamanya memotivasi kami sebagai guru untuk memberikan pembelajaran lebih baik lagi dan menyiapkan mental siswa,” ujarnya. (fdr/zai/ira)