Bintang Sains 2019 Pandeglang Dimulai

PANDEGLANG – Hari ini (5/8), Bintang Sains 2019 di Kabupaten Pandeglang dimulai. Ajang lomba pengetahuan matematika dan IPA yang diselenggarakan Pemkab Pandeglang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) bekerja sama dengan Radar Banten dan Banten Raya TV itu dibuka langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita pukul 08.00 WIB, di lapangan Graha Pancasila (GP).

Bintang Sains 2019 Kabupaten Pandeglang akan diikuti sekira 6.000 siswa kelas IV dan V sekolah dasar (SD) se-Kabupaten Pandeglang dari 850 sekolah di 35 kecamatan.

Kepala Dindikbud Kabupaten Pandeglang Olis Solihin mengatakan, Bintang Sains 2019 digelar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Pandeglang. Menurutnya, lomba akan mampu mengukur kemampuan siswa dalam pelajaran matematika dan IPA.

Diungkapkan Olis, siswa yang keluar sebagai juara selain menerima tropi dari bupati, juga akan diberangkatkan panitia ke luar negeri. “Kita akan pilih tiga siswa terbaik untuk diberangkatkan ke luar negeri. Makanya, bagi para peserta harus betul-betul menunjukkan kemampuannya supaya bisa keluar sebagai pemenang,” pesannya.

Kata Olis, lomba akan dibuka langsung oleh Bupati Pandeglang Irna Narulita, disaksikan seluruh pejabat Pemkab Pandeglang dan lintas sektor di Kabupaten Pandeglang. “Semua harus hadir, jangan sampai ada sekolah yang tidak ikut karena menjadi bahan evaluasi kita,” imbaunya.

Olis berharap, ajang Bintang Sains 2019 berdampak pada peningkatan minat belajar siswa di Kabupaten Pandeglang sehingga kualitas pendidikan di Kabupaten Pandeglang meningkat. “Lomba yang kita lakukan dalam rangka mewujudkan visi dan misi bupati terkait peningkatan kualitas pendidikan,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Pandeglang Irna Narulita mendukung penuh Bintang Sains 2019 yang diselenggarakan Dindikbud bekerja sama dengan Radar Banten dan Banten Raya TV tersebut. Irna meyakini, lomba akan meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya.

“Kita dukung penuh karena lomba ini positif dan memang harus ada kegiatan seperti ini yang menjadi langkah awal kita memperbaiki kualitas pendidikan di Pandeglang,” ujarnya. (dib/zai/air/ira)