Bintang Sains 2020 Kecamatan Anyar: Finalis Didominasi Dua Sekolah

0
1.044 views

MANCAK – Bintang Sains Kabupaten Serang 2020 hari kedua berlangsung untuk dua kecamatan yakni Kecamatan Anyar dan Kecamatan Cinangka. Pada sesi pertama, lomba diikuti peserta dari Kecamatan Anyar sebanyak 215 siswa dari 27 sekolah. Sepuluh finalis didominasi dua sekolah yakni SDN Anyer 1 dan SDN Anyar 4.

Sepuluh finalis Kecamatan Anyar bersama (dari kanan) anggota Polsek Anyer, Kasi Sarpras Dindikbud Kabupaten Serang Muchtar, host Qonita dan Randi, Pengawas SD Kecamatan Anyar Hj Maiyatul Fuad, Ketua PGRI Kecamatan Anyar Asep Iskandar, Selasa (21/1).
Salah satu finalis menangis di pelukan guru pendamping karena terharu bisa lolos menuju final mewakili Kecamatan Anyar.

Kedua sekolah itu masing-masing mengirimkan 15 siswa terbaik di kelas 4 dan 5 untuk bersaing. Perebutan jatah sepuluh finalis berlangsung alot pada babak penentuan. Dua siswa dari SDN Anyar 1 dan 4 saling adu kecerdasan untuk meraih sisa jatah satu masuk sepuluh finalis mewakili Kecamatan Anyar.

Kasi Sarpras Dindikbud Kabupaten Serang Muchtar mengalungkan medali penghargaan kepada finalis perwakilan Kecamatan Anyar.
Peserta terlihat ekspresif dengan mengepalkan kedua tangan setelah berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

Lomba dibagi menjadi dua babak. Babak pertama diikuti sebanyak 110 peserta meloloskan 53 siswa. Sedangkan babak kedua diikuti 105 peserta dan meloloskan 55 siswa. Dari hasil penyisihan di dua babak itu, terdapat 108 peserta yang bersaing ke babak penentuan untuk memperebutkan 10 tiket menuju final mewakili Kecamatan Anyar.

Peserta menerima hadiah kuis sesi pertanyaan rebutan.

Tati Haryati, guru pendamping dari SDN Anyar 4 mengaku bangga ada empat siswanya lolos menuju final mewakili Kecamatan Anyar. Meski waktu persiapan singkat hanya tiga hari, namun karena siswa yang dipilih sudah berprestasi di kelas, empat jatah menuju final pun diraih SDN Anyar 4. “Alhamdulillah ada empat siswa kami yang lolos, mereka juga juara 10 besar di kelas,” katanya.

Senada disampaikan guru pendamping SDN Anyar 1 Kholisoh. Pihaknya tak menyangka, jika ada banyak siswanya yang lolos menuju final. “Ini berkat kesungguhan belajar anak-anak, kami bangga,” ujarnya.

Guru pendamping dan orangtua siswa tampak antusias menyaksikan perlombaan.

Perwakilan PGRI Kecamatan Anyer Asep Iskandar mengucapkan selamat kepada sekolah yang siswanya lolos menuju final, serta tetap semangat bagi siswa yang belum lolos. “Ini ajang lomba yang bagus, transparan, dan memotivasi. Semoga dari Kecamatan ada yang jadi juara di final nanti,” harapnya. (mg06/zee)