Bintang Sains 2020 Kecamatan Cinangka: Anak Pedagang Es Jadi Finalis

Ayu Nurhayati, anak pedagang es dari SDN Ciparay didampingi kedua guru seusai menerima medali.

MANCAK – Bintang Sains Kabupaten Serang 2020 Kecamatan Cinangka menjadi ajang pembuktian bagi para finalis. Termasuk salah satunya bagi Ayu Nurhayati, siswi kelas 5 SDN Ciparay. Ia membuktikan, meski terlahir dari orangtua yang hanya pedagang es di Pesisir Pantai Florida, dirinya berhasil lolos menjadi bagian dari sepuluh finalis perwakilan Kecamatan Cinangka.

Sepuluh finalis perwakilan Kecamatan Cinangka menunjukkan medali Bintang Sains didampingi (dari kanan) Pengawas Kecamatan Cinangka H Atang dan Wasita, kedua host Ratu Qonita Malina Amalia dan Tubagus Randi Purwa, ketua FKGS Kecamatan Cinangka Nana, dan Ketua K3S Kecamatan Cinangka Pupun Karniasih.
Peserta menerima hadiah kuis pertanyaan rebutan.

Ayu yang tinggal di Kampung Ciparay, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka biasanya belajar bersama ibu setiap malam. Medali dan piagam Bintang Sains ini, kata Ayu, dipersembahkan untuk ibu di rumah. “Setelah dagang, ibu langsung masak, baru kemudian nemenin belajar,” katanya.

Pengawas SD Kecamatan Cinangka Wasita mengalungkan medali penghargaan kepada finalis perwakilan Kecamatan Cinangka.
Salah satu peserta menunjukkan ekspresi bersyukur usai menjawab soal dengan benar.

Ada 150 siswa dari 36 sekolah yang bersaing adu kecerdasan di mata pelajaran matematika dan IPA. Lomba yang berlangsung pukul 13.00 WIB di Gedung PGRI Kecamatan Mancak ini, dilaksanakan dua babak. Babak pertama dan kedua diikuti 75 siswa dan meloloskan masing-masing 35 siswa. Sehingga pada babak penentuan diikuti 70 siswa yang memperebutkan jatah 10 finalis.

Guru pendamping siswa antuias menyaksikan perlombaan.

Persaingan ketat sudah terasa sejak awal perlombaan, hal itu diakui Pengawas Kecamatan Cinangka Wasita, seluruh peserta menunjukkan kemampuannya dengan maksimal. “Ajang Bintang Sains jadi pembuktian hasil belajar siswa,” ujarnya. (mg06/zee)