Bintang Sains 2020 Kecamatan Ciomas: Persaingan Berlangsung Sengit dan Ketat

0
716 views
Senyum manis para finalis yang lolos ke babak selanjutnya dari Kecamatan Ciomas.

Perebutan jatah 10 finalis untuk mewakili Kecamatan Ciomas di final Bintang Sains Kabupaten Serang 2020 berlangsung sengit. Peserta yang berasal dari wilayah perkotaan harus bersaing ketat dengan peserta dari wilayah pedalaman yang ternyata mendominasi.

Gelaran Bintang Sains Kecamatan Ciomas digelar di gedung PGRI Kecamatan Pabuaran, Kamis (29/1) pagi. Sebanyak 152 peserta dari 28 sekolah se-Kecamatan Ciomas bersaing ketat untuk menjadi 10 finalis.

Di babak penentuan, pertanyaan ketiga mengenai sebutan bakteri dalam rantai makanan membuat hampir setengah finalis keluar dari arena pertandingan. Sisa 19 peserta, Muhammad Wahyu Ramadan, siswa SDN Ciomas 1 berhasil menjadi peserta pertama yang mengamankan 1 jatah tiket ke final setelah menjadi satu-satunya peserta yang menjawab dengan benar pertanyaan matematika mengenai bilangan desimal.

Diakui Wahyu, dirinya belajar keras mempersiapkan diri untuk mengikuti Bintang Sains Kabupaten Serang 2020. “Setiap jam istirahat saya tetap di kelas belajar,” ungkap Wahyu.

Johana, pengawas Kecamatan Ciomas mengaku, senang dengan hasil yang ada. Kali ini, banyak siswa dari SDN di pedalaman yang mendominasi dibandingkan SDN yang berada di wilayah perkotaan. “Guru dan murid dari SD pedalaman terlihat antusias dan berhasil memberikan kontribusi yang baik di lomba Bintang Sains kali ini,” ujarnya.

Sebanyak 10 finalis dari Kecamatan Ciomas adalah Rahma dari SDN Manunggal, Almira Putri Maulida dari SDN Cibangbara, M Wahyu Ramadan mewakili SDN Ciomas 1, Muhammad Aal dari SDN Siketug 2, Aniyatul Ulumiah dari SDN Mekarjaya, dan Avita dari SDN Pancur. Sedangkan SDN Sukarena diwakili dua siswa. Yaitu Riska Maulida dan Nakeisa Halwa Liana untuk SDN Sukarena dan Adira Nurul Faujiah serta Nindy Roihanun Ghozyah dari SDN Pasar. (io/zee)