Bintang Sains 2020 Kecamatan Waringinkurung: Finalis Didominasi Sekolah Swasta

Kedua peserta tampak bersyukur setelah berhasil menjawab pertanyaan dengan benar.

WARINGINKURUNG – Roadshow Bintang Sains Kabupaten Serang hari ke-4 berlangsung semarak. Sepuluh finalis Bintang Sains perwakilan Kecamatan Waringinkurung didominasi sekolah swasta.

Host Bintang Sains 2020 memberikan pertanyaan kepada peserta yang berani menjawab soal.

Enam finalis dari SDIT Bina Insani, empat lainnya dari SDN Waringinkurung 2, SDN Gegeneng, dan SDN Pejaten. Peserta dan guru pendamping antusias menyaksikan jalan lomba yang berlangsung di Gedung PGRI Kecamatan Waringinkurung, Kamis (23/1).

Guru pendamping siswa tampak bersemangat memberi dukungan pada siswa saat menyaksikan lomba.

Untuk diketahui, juara Bintang Sains Kabupaten Serang tahun lalu diraih oleh siswa dari SDIT Bina Insani yakni Pringgo Syafiq Widyanto. Tahun ini, SDIT Bina Insani menunjukkan eksistensinya lagi.

Peserta menunjukkan ekpresinya dengan menutup telinga ketika host membacakan jawaban.

Lomba diikuti 167 peserta dari 24 sekolah di Kecamatan Waringinkurung. Lomba dilaksanakan dua babak penyisihan dan satu babak penentuan untuk memperebutkan jatah 10 finalis perwakilan Kecamatan Waringinkurung.

Pada babak pertama lomba diikuti 86 siswa dan meloloskan 44 peserta. Sedangkan dibabak kedua penyisihan diikuti 81 siswa lolos 46. Peserta yang lolos di babak penyisihan sejumlah 90 siswa yang memperebutkan jalan sepuluh finalis di babak penyisihan.

Kasi Sarpras Dindikbud Kabupaten Serang Muhamad Muchtar mengalungkan medali penghargaan kepada finalis perwakilan Kecamatan Waringinkurung.

Turut hadir Kepala Seksi (Kasi) Sarana dan Prasara (Sarpras) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang Muhamad Muchtar, Pengawas SD Kecamatan Waringinkurung Khoironi, Ketua PGRI Kecamatan Waringinkurung Nurfalah, dan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Waringinkurung Ayu Sumaeni.

Sepuluh finalis perwakilan Kecamatan Waringinkurung menunjukkan medali Bintang Sains didampingi (dari kanan) Ketua K3S Kecamatan Waringinkurung Ayu Sumaeni, Kasi Sarpras Dindikbud Kabupaten Serang Muhamad Muchtar, kedua host Ratu Qonita Malina Amalia dan Tubagus Randi Purwa, Pengawas SD Kecamatan Waringinkurung Khoironi, dan Ketua PGRI Kecamatan Waringinkurung Nurfalah.

Kasi Sarpras Dindikbud Kabupaten Serang Muhamad Muctar mengaku sangat terkesan dan bangga atas terselenggaranya Bintang Sains 2020. Menurutnya, lomba ini bisa menjadi motivasi besar siswa untuk meningkatkan kemampuan di bidang sains dan matematika. “Semoga setiap tahun Bintang Sains terus dilaksanakan,” harapnya.

Wakil Kepala Sekolah Kurikulum SDIT Bina Insani Sodiah mengaku, pihaknya mendaftarkan 30 siswa pada perlombaan Bintang Sains. Sebelumnya, selama dua hari siswanya dilatih materi pelajaran sains dan matematika. “Alhamdulillah lolos enam, semoga bisa mempertahankan gelar juara,” harapnya. (mg06/zee)