Bintang Sains Kecamatan Kalanganyar: Anak Sopir Angkot Masuk Final

0
207 views
Sepuluh finalis berfoto bersama pengawas dan dua host.

LEBAK – Hari kedua gelaran Bintang Sains 2019 di gedung PGRI Rangkasbitung, Selasa (8/10) siang, yang diikuti 234 peserta dari 18 SD di Kecamatan Kalanganyar berlangsung mengejutkan. Salah satu finalis diketahui hanya seorang anak sopir angkot. Adalah M Angga dari SDN Pasirkupa 2 yang mampu membanggakan sekolah dan keluarganya pada ajang pengetahuan matematika dan sains itu.

Kepala SDN 02 Pasirkupa Huroyati berfoto bersama siswa didiknya M Angga yang sukses menjadi finalis.

Persaingan peserta selama lomba cukup ketat. Host sampai harus membacakan tujuh soal untuk melengkapi sepuluh finalis dari tiga peserta yang tersisa memperebutkan jatah satu finalis. Tiga sekolah mendominasi finalis menuju babak final, yakni SDN Sukamekarsari 1 sebanyak dua peserta, SDT Alqudwah dua peserta, SDN Cikatapis 1 sebanyak dua peserta, sisanya SDN Sukamekarsari 4, SDN Kalanganyar 2, SDN Sukamekarsari 2, dan SDN Pasirkupa 2 yang diwakili M Angga, anak sopir angkot.

Ketua K3S Kecamatan Kalanganyar Nining menyerahkan piagam kepada finalis.

Selama lomba, Angga mampu membuktikan kemampuannya untuk meraih prestasi. Semua soal mampu dijawab Angga hingga terpilih menjadi bagian dari finalis dan membanggakan sekolahnya serta keluarga. “Saya enggak nyangka bisa masuk sepuluh besar. Saya akan lebih giat belajar lagi agar jadi juara di final nanti,” ucap Angga berlinang air mata.

Huroyati, Kepala SDN Pasirkupa 2 mengaku bangga atas prestasi Angga yang menjadi finalis pada ajang yang dinilai sangat bergengsi tersebut. “Alhamdullah anak kami masuk sepuluh besar mewakili Kalanganyar. Kita akan persiapkan, mengingat di final nanti persaingannya pasti ketat,” ujarnya.

Sementara Pengawas Kecamatan Kalanganyar dan Cibadak pada Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dindikbud) Lebak Enang Hidayat berharap, finalis dari Kecamatan Kalanganyar bisa menjadi juara Bintang Sains tingkat Kabupaten Lebak. “Antusias anak didik untuk ikut ajang ini tinggi, sekaligus menjajal kemampuan mereka. Saya harap di final mereka menampilkan yang terbaik,” harapnya.

Ia juga mengimbau, para kepala sekolah dan guru pendamping mempersiapkan anak didiknya yang lolos sebagai finalis. “Waktu yang ada harus dimanfaatkan untuk memperkaya pengetahuan. Saya optimistis, ada peserta dari Kalanganyar yang dapat berbuat banyak dan mengharumkan nama sekolah dan daerah,” pungkasnya.(nce/zai/ags)