Bintang Sains Kecamatan Maja: Anak Tukang Sayur Lolos ke Final

Sepuluh finalis berfoto bersama usai penyerahan medali dan piagam.

LEBAK – Bintang Sains 2019 Kabupaten Lebak kembali memberikan kejutan. Hal itu terjadi pada hari kelima gelaran lomba pengetahuan mata pelajaran matematika dan sains yang berlangsung di aula PGRI Kecamatan Maja, Senin (14/10).

Salah satu finalis yang akan mewakili Kecamatan Maja menuju ke final, tak lain hanya anak seorang tukang sayur. Dia adalah Irfan Munjadi dari SDN 1 Buyutmekar. Di Kecamatan Maja, lomba diikuti 308 peserta dari 27 sekolah dasar (SD). Lomba disaksikan sejumlah pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud).

Lomba berlangsung kompetitif. Host sampai harus memberikan soal tambahan untuk menentukan sepuluh finalis. Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Maja Minggus S menyambut baik event yang dinilainya mampu meningkatkan mutu pendidikan. Dia meminta kepala sekolah, guru pendamping mempersiapkan kembali siswa didiknya menghadapi final.

“Pasti di final tingkat kesulitannya jauh lebih tinggi. Karena itu, waktu yang ada harus dimanfaatkan dengan giat belajar. Saya optimistis akan ada siswa asal Maja berprestasi di Final,” ucapnya.

Kepala UPTD Maja Minggus mengalungkan medali kepada finalis.

Sementara itu, salah satu finalis Irfan Munjadi dari SDN 1 Buyutmekar mengaku senang bisa menjadi bagian dari finalis. Ia pun berjanji, akan mempersiapkan diri menghadapi final dengan lebih giat belajar. “Apalagi juaranya nanti akan diajak tur ke luar negeri, ya harus juara,” ucap siswa kelas V yang bercita-cita menjadi seorang qari nasional itu.

Dia pun mengaku, hanya anak dari seorang tukang sayur. Lantaran itu, ia ingin membuat kedua orang tuanya bangga akan prestasinya. “Saya ingin membuat orangtua bangga dengan prestasi dari Bintang Sains ini,” ujarnya. (nce/zai/ags)