Biro Multimedia Dibentuk Untuk Awasi Hoax di Medsos

0
530 views
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar (dok. Jawa Pos.com)

DIVISI Humas Polri kini sudah memiliki biro baru yakni Multimedia. Biro itu akan berhubungan langsung dengan masyarakat yang menggunakan media sosial.

Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menerangkan bahwa masyarakat di dunia maya bisa berkomunikasi dengan lebih terbuka ketimbang masyarakat yang umum yang bersinggungan langsung.

Sehingga salah satu tujuan utama dari dibentuknya biro itu adalah mengawasi aktivitas di media sosial yang kebanyakan berisikan informasi hoax atau berita bohong, ujaran kebencian dan provokasi. “Jika ada berita hoax itu akan diklarifikasi supaya tidak menyesatkan masyarakat. Selanjutnya baru diinvestigasi karena itu (informasi hoax) bagian dari pelanggaran hukum,” ucapnya, Rabu (22/2), dilansir JawaPos.com.

Dia yang juga pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Metro Jaya itu juga mengingatkan masyarakat bahwa bermedia sosial dan menggunakan intenet tidak lepas dari ketentuan hukum yang berlaku di negara kita.

“Itu perlu kita jaga. Oleh karena itu, Biro Multimedia ini disamping diseminasi, edukasi masalah hukum juga mengimbau agar masyarakat menjadi masyarakat yang menghormati hukum di dalam penggunaan media sosial,” pungkasnya. (elf/JPG)