Bisa Buktikan Politik Uang, PDIP Siapkan Rp10 Juta

0
469 views
Tb Hasanuddin.

SERANG – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menghadiahkan Rp10 juta bagi masyarakat Banten yang menemukan dan berani melaporkan praktik politik uang ke penegak hukum dan Bawaslu. Hal itu penting guna memutus dan memotivasi masyarakat Banten agar terhindar dari money politics.

Hal itu disampaikan Tb Hasanuddin, Tim Internal Pemenangan pasangan calon gubernur-wakil gubernur Banten nomor urut dua di hadapan ribuan kader PDIP di Alun-alun Barat, Kota Serang, Kamis (9/2).

Hasanuddin menjelaskan, pihaknya akan membentuk tim yang terdiri dari 25 orang. Dan mereka akan ditempatkan di posko-posko yang bekerja sama dengan aparat. Mereka nanti bertugas secara gerilya mengawasi proses pilkada sehingga praktik politik uang bisa dicegah.

“Nah, bagi masyarakat dan kader PDIP dihadiahkan Rp10 juta bagi yang menemukan dan membuktikan perilaku money politics pada pilkada ini, asalkan temuannya yang bisa menjadi barang bukti yang bisa diolah di aparat dan diproses penyelidikan dan penyidikan dari Bawaslu ini. Wartawan pun boleh ikut melaporkan, nanti kita sediakan reward-nya,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut Hasanuddin, bagi aparat juga bisa diberikan reward bila mereka mampu menegakkan hukum dan membuktikan ada yang bermain politik uang pada Pilgub Banten 2017. Menurutnya politik uang sangat berbahaya bagi masyarakat. Untuk itu pihaknya serius mengedukasi masyarakat untuk berjuang menolak politik uang seperti menyuap. Sebab hal tersebut dinilai merusak tatanan demokrasi di Banten khususnya.

“Kita bekerja sama dengan aparat. Dan aparat juga sama mendapat reward tapi tidak Rp10 juta, intinya lebih bagus lah. Kasihan dong,” katanya. (Ade F)