BKPP Lakukan Audit Investigasi Penyertaan Modal Rp 650 Miliar PT BGD

0
1.122 views
Ranta Soeharta

SERANG – Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) bersama dengan Inspektorat Provinsi Banten saat ini sedang melakukan audit investigasi terkait penyertaan modal yang diberikan Pemprov terhadap PT Banten Global Development (BGD) sejak tahun 2007 lalu dengan akumulasi anggaran mencapi Rp 650 miliar.

Sekda Banten Ranta Soeharta mengatakan, audit dilakukan karena Gubernur Banten Wahidin Halim ingin mengetahui secara jelas bagaimana pengelolaan anggaran PT BGD yang mendapatkan penyertaan modal dari Pemprov Banten.

“Pak Gubernur pada dasarnya ingin mengetahui lagi BGD itu seperti apa, karena saham kita di Bank Banten kan melalui BGD,” ujar Ranta, Kamis (20/7).

Kendati demikian, Ranta belum bisa menjelaskan mengenai hasil audit tersebut sebab prosesnya saat ini masih terus berjalan. “Belum lihat lagi kan baru diaudit. Laporan resminya nanti disusun, pasti kita rilis,” terangnya.

Disinggung mengenai adanya potensi kerugian negara dari hasil audit tersebut, Ranta belum bisa memastikan. Namun jika potensi itu terjadi, pihaknya akan mengambil sikap sesuai dengan laporan hasil audit itu.

“Belum, nanti kita lihat, pasti dirilis kalau ada kerugian. Sebetulnya audit tiap tahun juga ada, tapi secara khusus kita ingin clear, Pak Gubernur ingin lebih jauh mengenal seperti apa BGD itu supaya tindakan dia ke depan betul-betul jelas, ini loh penyakitnya, ini kekurangannya, modal yang dulu kemana, sehingga tidak salah lagi,” ujarnya. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)