JAKARTA – Kotak hitam atau black box pesawat Air Asia QZ8501 akhirnya ditemukan pada posisi yang tidak jauh dari lokasi jatuhnya pesawat nahas tersebut.

Hal itu diketahui dari pernyataan Koordinator Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Tonny Budiono yang melaporkan status pergerakan Kapal Negara dan Kegiatan Tim Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dalam pencarian korban, badan pesawat dan Black Box Air Asia QZ8501.

“Tim Penyelam TNI AL yang berada di KN Jadayat telah berhasil menemukan peralatan yang sangat penting yaitu Black Box Air Asia QZ8501 pada posisi 03.37.21 S / 109.42.42 E dengan kedalaman sekitar 30 s/d 32 meter,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Minggu (11/1/2015).

Dia menjelaskan, black box berada pada impitan serpihan badan pesawat, sehingga keadaan ini sangat menyulitkan tim penyelam dalam proses pengambilanya.

Karena keterbatasan waktu, sambungnya, maka diputuskan bahwa proses pengambilan black box akan dilaksanakan esok pagi hari dengan menggeser perlahan-lahan serpihan badan pesawat tersebut.

Apabila rencana penggeseran ini gagal, tim akan mengangkat serpihan badan pesawat tersebut dengan menggunakan teknik balon seperti yang dilakukan pada ekor pesawat.

Untuk memudahkan pekerjaan selanjutnya esok pagi, tim penyelam TNI AL telah memasang marker buoy kecil yang sebelumnya telah disiapkan di KN Jadayat.

“Perkembangan lebih lanjut akan dilaporkan kemudian,” paparnya. (sumber: bisnis.com)