Blusukan ke Binong, Rano Disambut Ondel-ondel

0
830 views
Warga dan Ondel-ondel menyambut kedatangan Rano Karno ke Perumahan Binong Permai, Curug, Sabtu (14/1) lalu.

CURUG – Calon gubernur (Cagub) Banten nomor urut dua, Rano Karno melakukan blusukan di Kecamatan Kelapadua dan Curug, Kabupaten Tangerang, Sabtu (14/1) lalu. Kedatangan mantan bintang film ”Taksi” ini disambut meriah dengan adanya ondel-ondel khas budaya Betawi dan iringan yel-yel dari warga RT 08 RW 11 Perumahan Binong Permai, Curug. ”Kami persembahkan ondel-ondel khusus untuk Bang Doel,” ujar salah satu warga sekitar yang bernama Khairul.

Ia mengatakan, bahwa dirinya menyambut kedatangan Rano Karno dengan menampilkan budaya Betawi yaitu ondel-ondel. ”Ondel-ondel kami tampilkan untuk melestarikan budaya Betawi yang hampir punah,” ungkapnya.

Rano terlihat kagum atas sambutan mereka. Kekayaan Provinsi Banten tidak hanya budaya Sunda atau Jawa Serang, melainkan perpaduan akulturasi budaya Betawi. ”Terima kasih sambutan warga sini dengan menampilkan ondel-ondel khas Betawi yang harus dilestarikan,” ujarnya.

Warga juga menyiapkan panggung Rano untuk menyampaikan program visi misinya. Rano Karno bertekad menyelesaikan program kerjanya jika mendapatkan amanat dari masyarakat untuk kembali menjabat sebagai Gubernur Banten 2017-2022.

Pada kesempatan tersebut Rano mengajak masyarakat yang hadir untuk sama-sama memperjuangkan dirinya bersama Embay Mulya Syarief sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Banten 2017-2022.

Dikatakan dia, hal itu disampaikan dalam rangka memaksimalkan kerjanya selama 1,5 tahun sebagai Gubernur Banten. Dalam tempo yang singkat itu, Rano mengaku sudah banyak kemajuan yang dilakukannya. ”Saat ini sudah ada 12 proyek nasional untuk Provinsi Banten, yang manfaatnya bisa dipetik untuk kemajuan ekonomi dan pengembangan masyarakat Banten,” jelasnya.

Setelah melawat ke Binong, Rano bersilaturahmi ke Perumahan Dasana Indah RT 01 RW 18 Kelurahan Bojongnangka, Kelapadua.

Dalam sambutannya, Rano mengajak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk bekerja sama dengan Provinsi Banten. Tujuannya, agar penyelenggaraan pemerintahan di Banten benar-benar transparan dan terbuka. ”Sehingga masyarakat bisa percaya dengan para penyelenggara pemerintah dan berjalan secara profesional dan transparan,” ungkapnya.

Mantan pemeran film ”Wajah Tiga Perempuan” ini, Si Doel juga bercerita soal dirinya yang tidak pernah bermimpi untuk menjadi gubernur. Menjadi gubernur ini, kata Rano, berkat doa almarhum Benyamin Sueb dalam salah satu episode sinetron ”Si Doel Anak Sekolahan”. Dalam tayangan itu, Benyamin sempat mendoakan agar Si Doel bisa menjadi gubernur. Menurutnya doa itu sama sekali tidak ada dalam skenario. ”Gue doain lo Doel entar bisa jadi gubernur jangan jadi sopir oplet melulu,” kata Rano menirukan ungkapan almarhum Benyamin.

Rano juga menuturkan bahwa dirinya sudah melakoni dunia artis selama 40 tahun. Jika dibandingkan honor sebagai seorang artis dan menjadi Gubernur Banten, Rano berterus terang bahwa honor sebagai artis melebihi gajinya sebagai gubernur.

”Tetapi menjadi gubernur itu memiliki nilai pengabdian yang sangat tinggi. Apa yang saya perbuat sebagai gubernur, itu bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Ini yang sangat berharga buat saya. Terlebih usia saya saat ini sudah 56 tahun,” pungkasnya. (Togar H/Radar Banten)