BMKG Imbau Masyarakat Banten Waspadai Hujan Ekstrem

0
557 views
Foto ilustrasi; JPNN/AFP

SERANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas IA Serang mengimbau agar masyarakat Provinsi Banten mewaspadai curah hujan ekstrem yang terjadi di awal tahun 2017 ini.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Tri Tjahjo mengatakan, kondisi curah hujan ekstrem karena sejak awal bulan Januari hingga akhir bulan Januari merupakan puncak musim hujan.

“Tiga hari terakhir ini Provinsi Banten, khususnya Kota Serang terjadi hujan berturut-turut di malam hari dan terukur sebagai hujan ekstrem,” katanya saat dihubungi Radar Banten Online lewat telepon selular, Rabu (11/1).

Sementara itu, lanjut dia, curah hujan ekstrem dapat terjadi jika terjadi hujan lebat dan intensitasnya lebih besar. “Jika diukur oleh BMKG itu sebesar 20 mm dan berjangka waktu selama satu jam. Atau kalau sehari 1×24 jam terukur 50 mm itu sudah dikategorikan hujan ekstrem,” ujarnya.

Curah hujan ekstrem tersebut juga berpengaruh pada kondisi gelombang laut di Selat Sunda. “Selat Sunda bagian utara masih normal 1 seperempat meter. Namun untuk Selat Sunda bagian selatan itu sudah mencapai 2,5 meter. Kondisi tersebut akan berlangsung hingga seminggu ke depan tanggal 17 Januari 2017,” katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi kondisi cuaca tersebut. “Waspadai genangan-genangan yang mungkin akan terjadi setelah hujan ekstrem, dan untuk para pengguna jasa laut agar diperhatikannya tinggi gelombang sebelum berangkat,” imbaunya. (Wirda)