BNN Lakukan Tes Urine Ratusan ASN di Lingkungan Sekwan

Tes Urine

SERANG – Sebanyak 640 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non-ASN di lingkungan Sekretariat DPRD (Sekwan) Provinsi Banten, menjalani tes urine oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Banten, di Gedung DPRD Banten, Selasa (26/7).

“Hari ini kami (BNN) melakukan tes urine bagi pegawai di Sekretariat DPRD, yang diajukan Sekwan ada 640 pegawai, yang belum terperiksa nanti akan diusulkan untuk melakukan pemeriksaan sendiri ke BNN,” ungkap Kasi Pemberdayaan Masyarakat BNN Banten, Yayan Sudaryan kepada wartawan di sela-sela pelaksanaan tes urine.

Pemeriksaan tes urine ini dalam rangka menciptakan pegawai yang bersih tanpa penyalahgunaan narkotika.

“Positifnya hasil tes urine, bukan berarti identik narkotika. Namun untuk saat ini belum bisa kami sampaikan ke Sekwan, karena membutuhkan dua sampai tiga hari ke depan,” kata Yayan.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Banten, Deni Hermawan mengatakan, tes urine ini dilakukan untuk mengantisipasi pegawai apakah ada tidaknya yang menjadi pemakai narkoba.

“Mereka (yang belum mengikui tes-red) harus melakukan tes urine ke BNN atas rekomendasi kita. Harapan kami ini bagian dari untuk meyakinkan semua pihak,” kata Deni.

Senada dikatakan Deni, Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mengatakan, kegiatan tes urine bagi pegawai, sebagai langkah pencegahan dini.

“Ini merupakan bagian langkah dari Sekretariat DPRD untuk melakukan pencegahan dini, agar pegawai tidak ada yang menggunakan narkoba,” katanya. (Fauzan Dardiri)