BNN Nyatakan Siap Jihad Bareng MUI

0
476 views
ilustrasi (foto: Istimewa)

BADAN Narkotika Nasional Kota (BNNK) Balikpapan mengaku siap berjihad bersama Majlis Ulama Indonesia (MUI). Tentu jihad yang dilakukan oleh BNN dan MUI tersebut dalam pemberatasan dan pencegahan penyalahgunaan narkoba yang saat ini marak terjadi di Indonesia.

Seperti yang dikutip dari JawaPos.com, Kepala BNNK Balikpapan, Halomoan Tampubolon mengatakan, dalam memerangi narkoba perlu kepedulian dari semua aspek masyarakat. Termasuk tokoh agama yang berpengaruh bagi umat. Karena itulah, MUI Kaltim membentuk Gerakan Nasional Anti Narkoba. Deklarasi digelar di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, kemarin (4/2). Pelantikan gerakan ini dihadiri langsung Ketua MUI Pusat, KH Ma’ruf Amin.

“Dengan bergabungnya MUI, satgas antinarkoba menunjukkan kepedulian yang tinggi di masyarakat. Nantinya satgas ini akan kami bina tentang pembagian tugas yang akan dilakukan,” ujarnya.

Pembagian tugas yang dimaksud adalah, bagaimana penanganan satgas ketika menemukan warga yang sudah telanjur kecanduan. “Nanti kita bantu dalam melakukan advokasi,” ujarnya saat ditemui di Hotel Gran Senyiur Balikpapan.

Dia menjelaskan, Satgas Anti Narkoba MUI berkoordinasi dan bekerja sama dengan satgas yang sebelumnya telah dibentuk. Seperti Insano, Duta Anti Narkoba dan Satgas Bersinar yang dibentuk di tiap kelurahan. Satgas ini kemudian ini bergabung dengan penegak hukum, seperti Polda, Polres, dan BNN.

“Satgas ini berkomitmen untuk berjihad melawan narkoba. Kami harap dengan tambahan satgas ini, bisa menekan pertumbuhan narkoba di Balikpapan. Sehingga kita tak lagi berada di posisi peringkat kedua penyalahgunaan narkoba di Kaltim. Dan pertumbuhan narkoba 0,3 persen bisa kami cegah,” harapnya. Halomoan mengakui, daerah yang rawan penyalahgunaan narkoba di Balikpapan ada Kelurahan Baru (Balikpapan Barat) dan Kelurahan Manggar (Balikpapan Timur).(*/ane/riz/k18/fab/JPG)