BNPB Apresiasi Kualitas Pembangunan Huntap

0
3010
Bupati Pandeglang Irna Narulita menyaksikan penyerahan Huntap secara simbolis oleh Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Rifai di Kampung Sepen, Desa Banyumekar, Kecamatan Labuan, Selasa (22/12).

LABUAN – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan inspeksi mendadak (sidak) hasil pembangunan hunian tetap (huntap) di Kampung Sepen, Desa Banyumekar, Kecamatan Labuan, Selasa (22/12).

Kegiatan itu sengaja dilakukan guna memastikan pembangunan dilakukan sesuai standar.

Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Rifai mengatakan, kedatangan dirinya ke lokasi huntap untuk memeriksa hasil pembangunan dan menyerahkan bangunan tersebut kepada para korban tsunami.

Dari hasil pemeriksaannya, kata Rifai, pembangunan ratusan huntap di beberapa wilayah itu tidak bermasalah alias sesuai dengan aturan.

“Pembangunan huntap di Kabupaten Pandeglang ini pekerjaanya tergolong sangat cepat jika dibandingkan dengan pembangunan huntap di wilayah lain di Indonesia, konstruksi bangunanya juga sangat baik, dan progres pembangunanya sesuai dengan apa yang diharapkan,” katanya, kemarin.

Rifai mengaku, pembangunan huntap di beberapa wilayah di Pandeglang lebih baik dibandingkan dengan daerah lain dalam hal pembangunan konstruksi. Oleh karena itu, dia meminta kepada Pemkab Pandeglang untuk melakukan pemeriksaan kembali terhadap kelengkapan sarana dan prasarana penunjang lain di lokasi huntap tersebut.

“Pembangunan huntap yang sangat baik ini, mungkin ada beberapa mekanisme yang sangat diperhatikan oleh Pemkab terkait pembangunanya, mulai dari mekanisme lelang pekerjaan. Selain itu, kontrol pengawasan dari Pemerintah juga melibatkan masyarakat, sehingga hasil dari pembangunan ini berjalan dengan baik dan berkualitas,” katanya.

Rifai berpesan kepada Pemkab dan masyarakat agar bisa menjaga dan merawat bangunan yang sudah terselesaikan tersebut agar bertahan lama, karena akan menjadi tempat tinggal bagi para korban tsunami dalam waktu yang lama. “Pesan saya, tolong huntap ini dirawat dengan baik. Semoga pemberian bantuan huntap bagi korban tsunami ini berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Pandeglang,” katanya.

Di tempat yang sama, Bupati Irna Narulita mengucapakan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dan Pemprov Banten karena telah ikut membantu pembangunan huntap bagi masyarakat korban tsunami.

Dia berjanji, Pemkab bersama para korban akan menjaga dan merawat tempat tinggal tersebut. “Pembangunan huntap ini jelas sangat bermanfaat, masyarakat kami mendapatkan hunian yang sangat layak. Hal ini sudah barang tentu berdampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang,” katanya. (dib/zis)