BNPB dan BPJS Ketenagakerjaan Bantu Korban Banjir di Pandeglang

0
646 views
Pj Sekda Pandeglang Fery Hasanudin berjabat tangan dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten Teguh Purwanto usai penyerahan bantuan.

PANDEGLANG – Banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Pandeglang menjadi perhatian banyak orang. Hingga kemarin, (13/2) bantuan untuk warga Pandeglang yang terkena musibah banjir terus berdatangan, misalnya dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memberikan bantuan uang sebesar Rp400 juta dan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Provinsi Banten sebesar Rp50 juta.

Kepala Sub-Direktorat (Kasubdit) Penyelamatan dan Evakuasi BNPB Yus Rizal mengklaim, instansinya telah memberikan bantuan berupa uang tunai untuk semua korban banjir melalui Pemkab Pandeglang. “Kami sudah bantu makanan siap saji melalui BPBD Provinsi Banten. Kami juga memberikan bantuan biaya untuk mengadakan bantuan makanan dan lainnya karena sudah habis yaitu sebesar Rp400 juta dari dana darurat kebencanaan,” katanya di gedung Setda Pemkab Pandeglang, kemarin.

Rizal mengaku, instansinya hanya melakukan pendampingan mengenai penanganan darurat. Oleh karena itu, dalam pembahasan mengenai penanganan banjir di Pandeglang, BNPB telah melakukan pembahasan dengan Bupati dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait. “Hasilnya, harus segera dilakukan penanganan banjir dengan cara rehabilitasi dan rekonstruksi, setelah bencana ini selesai. Tapi darurat bukan berarti hanya melakukan penanganan selama darurat saja, melainkan harus ada pembahasan mengenai rekonstruksi atau normalisasi sungai, ini juga harus tepat sasaran,” ujarnya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Banten Teguh Purwanto mengaku, bantuan yang diberikan oleh instansinya karena bencana banjir yang terjadi Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak ramai dibicarakan di media sosial (medsos). “Bantuan yang kami berikan hanya Rp50 juta, jumlah itu akan kami tambah lagi,” katanya.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Pandeglang Fery Hasanudin mengatakan, bantuan yang diberikan oleh semua pihak akan segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kami atas nama Pemkab mengucapkan terima kasih atas partisipasinya. Mudah-mudahan ini menjadi berkah bagi yang memberi dan menerima. Terkait bantuan perbaikan sarana dan prasarana, diharapkan berupa perbaikan jalan dan jembatan, karena dapat dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat,” katanya.

Terpisah, Bupati Irna Narulita mengatakan, bantuan yang diberikan dari berbagai pihak terutama dana siap pakai (DSP) sebesar Rp400 juta dari BNPB akan segera disalurkan dalam bentuk logistik secara tepat waktu dan sasaran, karena warga Pandeglang sangat membutuhkan. “Bantuan ini akan kami (Pemkab-red) distribusikan kepada masyarakat kami yang terkena musibah banjir,” katanya. (Adib/Radar Banten)