BP Jamsostek Tingkatkan Manfaat Program

PT KMK Global Sports mendapatkan doorprize sepeda dari BP Jamsostek Cabang Tangerang Cikupa.

TANGERANG – BP Jamsostek mengusulkan kepada pemerintah untuk meningkatkan manfaat program jaminan hampir dua kali lipat tanpa menaikkan iuran. Upaya itu melalui revisi Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Saat ini sedang kita tunggu untuk disetujui oleh Bapak Presiden. Dalam revisi PP 44 itu kita mengusulkan peningkatan manfaat hampir dua kali lipat tanpa menaikkan iuran,” kata Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Tangerang Cikupa Maulana Zulfikar melalui keterangan tertulis, Rabu (11/12).

“Jadi artinya, kalau selama ini santunan kematian itu Rp24 juta, mungkin nanti akan bisa dinaikkan menjadi Rp40 juta ke atas. Sebenarnya yang paling bagus dari program kita, saat tenaga kerja ini sudah pulang dari rumah sakit dan dirawat di rumah, dokter akan datang kerumah untuk melakukan perawatan atau home care,” imbuh Maulana.

Maulana mengungkapkan, usulan peningkatan manfaat program bagian dari upaya untuk terus meningkatkan pelayanan kepada peserta BP Jamsostek. Pelayanan lain yang dilakukan juga oleh masing-masing kantor cabang. Misalanya, BP Jamsostek Kantor Cabang Tangerang Cikupa menggelar gathering di Bandung, Kamis (5/12) yang diikuti 15 perusahaan platinum.

Pada kesempatan itu, Maulana meminta dukungan dari perusahaan platinum agar memastikan seluruh mitra-mitra kerjanya sudah terlindungi program BP Jamsostek. Kemudian berpartisipasi dalam program GN Lingkaran melalui CSR ke BP Jamsostek Kantor Cabang Tangerang Cikupa dalam bentuk stimulus untuk perlindungan bagi pekerja rentan dalam program perlindungan Tenaga Kerja – Bukan Penerima Upah (TK- BPU).

Kurniati, mewakili PT KMK Global Sports, yang hadir dalam acara tersebut mengatakan, seluruh karyawan kurang lebih 15.500 orang sudah masuk program jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan hari tua (JHT), jaminan kematian (JKM), dan jaminan pensiun (JP). “Kami senantiasa support maksimal terhadap program pemerintah, khususnya BP Jamsostek,” ungkapnya. (aas)