Nana Sukmana

SERANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang berbenah guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat Kabupaten Serang

“Dalam peningkatan kinerja, ada tiga pokok yang harus kami benahi di antaranya meningkatan ketahanan fisik. Fisik harus prima karena mengahadapi tantangan yang tidak ringan. Kemudian peningkatan keterampilan teknis dan pembenahan sarana dan prasarana pendukung, serta membangun kesadaran masyarakat akan iklim,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana seusai perayaan HUT Damkar yang ke-98 di halaman kantor BPBD Kabupaten Serang, Senin(20/3).

Pada acara yang dihadiri Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa ini juga menyosasikan upaya mencegah terjadinya musibah kebakaran.

“Selain peningkatan kinerja, saya harapkan agar BPBD sering melakukan sosialisasi mengenai upaya pencegahan musibah kebakaran kepada masyarakat Kabupaten Serang karena saat iniiklim cuaca sudah mulai berganti ke iklim kemarau,” ujarnya

Ia melanjutkan, BPBD awal tahun 2017 sedang berorientasi kepada  penanganan bencana lain di luar kebakaran serta penambahan 2 unit armada pemadam kebakaran.

“Awal tahun mulai dari bulan Januari-Februari lalu kita lebih orientasi kan ke bencana lain seperti banjir dan tanah longsor, yang tercatat sudah 40 kasus bencana di luar kebakaran yang kami tangani. Namun kalau bidang pemadam kebakaran, baru beberapa minggu kebelakangan sehari paling 5-6 kali kasus. Saat ini total unit untuk BPBD Kabupaten Serang ada 8unit,” terangnya. (Wirda)