Kepala BPBD Sumawijaya
Kepala BPBD Banten Sumawijaya

SERANG – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten, Sumawijaya mengungkapkan, hingga 31 Maret mendatang, Provinsi Banten masih dalam status siga darurat bencana. Status tersebut berdasarkan prediksi cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

‎”Dalam menetapkan status bukan kemauan sendiri‎, ini hasil prediksi BMKG, bahkan sampai April diprediksi cuaca masih ekstrim,” ujar Sumawijaya saat ditemui di Alun-Alun Barat Serang saat menghadiri acara deklarasi anti narkoba, Kamis (10/3/2016).

Menyikapi status darurat tersebut, menurut Sumawijaya, BPBD akan pasang kontak siaga bencana di 1551 desa dan kelurahan, dan kantor kecamatan se-Banten. “Selama ini belum ada. Baru ada frekuensi saja, dengan nomor kontak akan ebih gampang masyarakat untuk memberikan laporan kepada kita,” ‎ujarnya.

Kontak siaga bencana akan disiapkan dengan empat jenis, yaitu, WhatsApp, nomor handphone blast, e-mail, dan gelombang frekuensi radio. “Jadi, kapan saja, selama 24 jam kita siaga. Semoga dengan ini penanggulangan bencana bisa disikapi lebih cepat,” ujarnya. (Bayu)