BPJAMSOSTEK Tangerang Cimone Gandeng Komunitas Warteg Nusantara

0
3.798 views

TANGERANG – Dalam rangka menjalankan amanah UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional dan UU Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan, Komunitas Warteg Nusantara (Kowantara) mulai bulan Juni 2020 mengikutsertakan anggotanya ke dalam program Jamsostek melalui BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Tangerang Cimone.

Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan dalam bekerja. Perlindungan yang diberikan dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Kematian (JKM).

Kepala Cabang BPJAMSOSTEK Tangerang Cimone Yan Dwiyanto dalam siaran persnya, (Selasa, 30/6), menyampaikan, langkah yang dilakukan oleh Kowantara sudah tepat yaitu mendaftarkan anggota dalam perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, sehingga para pekerja dapat bekerja dengan tenang, aman dan nyaman. “Salah satunya dalam bentuk memberikan pengobatan dan perawatan kepada pekerja yang mengalami musibah tanpa batasan biaya sesuai indikasi medis, santunan cacat serta santunan kematian,” katanya.

Ketua Kowantara Mukroni menjelaskan bahwa anggota Kowantara terdiri dari pekerja sektor infomal dan mikro yang berprofesi sebagai pelaku usaha warteg, UMKM dan toko/kios dimana mereka berusaha secara mandiri untuk mendapatkan penghasilannya. Dalam usahanya mencari nafkah, sangat tinggi resiko yang dapat menimpa pekerja-pekerja ini karena jam kerjanya tidak seperti layaknya pekerja formal.

Mukroni menambahkan, saat ini anggota Kowantara berjumlah 100 pelaku usaha dan diharapkan sampai dengan akhir tahun ini 1.000 anggotanya yang tersebar di Kota Tangerang dan Jabodetabek sudah terlindungi. Dia mengharapkan, melalui perlindungan dari BPJAMSOSTEK, para pelaku usaha lainnya dapat bergabung dengan Kowantara untuk bersama-sama membangun perekonomian di sektor mikro dan informal. Sebagai salah satu kegiatan yang pernah dilakukan adalah membantu masyarakat di tengah pandemi Covid 19 ini, dengan aksi pembagian makan gratis bersama 1.000 Warteg di wilayah Jabodetabek.

Kowantara mempunyai visi dan misi menjadikan Warteg sebagai warung modern. Dan untuk mengantisipasi kebutuhan zaman dengan memudahkan para anggota dan masyarakat lainnya secara lengkap, kami akan membuat Profil Kowantara dalam bentuk website serta platform start up untuk memudahkan pendaftaran keanggotaan dengan mengikuti program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan menabung di perbankan.

Dengan adanya Website dan aplikasi Start Up, banyak program-program Kowantara nantinya diwadahi oleh fasilitas teknologi yang bisa mengefisienkan dan mengefektifkan pengembangan program-program Kowantara selanjutnya, apa itu program pelatihan, sosial dan lainnya. Sehingga anggota Kowantara punya kompetensi menghadapi persaingan pasar dan zaman. (aas)