BPJS Kesehatan: Banten Butuh Tambahan 2 Ribu Tempat Tidur Inap

Kepala Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan, Benjamin Saut PS.
Kepala Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan, Benjamin Saut PS.

SERANG – Kepala Divisi Regional XIII BPJS Kesehatan, Benjamin Saut PS mengatakan, empat kabupaten di Banten masih membutuhkan tambahan minimal 2 ribu tempat tidur inap bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS).

“Untuk Kabupaten Tangerang, Serang, Pandeglang dan Lebak dinilai masih membutuhkan tambahan minimal 2 ribu tempat tidur,” ungkap Benjamin, Jumat (10/6).

Benjamin mengatakan, sampai saat ini ada sekitar 52 Rumah Sakit Pemerintah, TNI, Polri & Swasta yang menjadi fasilitas kesehatan (Faskes) Rujukan/Tingkat Lanjutan bagi Program JKN KIS, ini diperuntukkan bagi sekitar 6,6 juta peserta.

“Rasio idealnya kecukupan tempat tidur adalah 1 tempat tidur untuk 1.000 penduduk. Salah satu yang bisa cepat dan efektif memang penambahan kapasitas tempat tidur pada Puskesmas Rawat Inap, Klinik Pratama dan Klinik Utama,” kata Benjamin.

Sementara itu, Plt Dinas Kesehatan Kota Serang, Toyalis mengatakan, pada tahun ini pihaknya sudah mengalokasikan anggaran setiap kecamatan 1 Puskesmas dengan fasilitas rawat inap minimal 10 tempat tidur.

“Saat ini memang ruangan untuk 10 tempat tidur rawat inap juga tidak ada, butuh bangun yang gede (luas) sementara lokasi terbatas, kanan kiri sudah milik orang, kalau ke atas lama lagi ngebangunnya,” kata Toyalis. (Fauzan Dardiri)