BPJS Kesehatan Jalin Kerja Sama dengan Kejari Pandeglang dan Lebak

SERANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Serang menandatangani kesepakatan bersama (MoU) dengan aparatur hukum yakni Kejaksaan Negeri (Kejari) Pandeglang dan Lebak terkait tentang penanganan masalah dalam bidang perdata dan tata usaha negara.

Kesepakatan bersama ini ditandatangani langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Elisa Adam, Kepala Kejari Pandeglang Wahjudi Djoko Trijono serta Kepala Kejari Lebak Rini Hartatie, di kantor pusat BPJS Kesehatan Cabang Serang, Jalan Saleh Baimin, Kota Serang, Rabu (27/7).

Kerja sama yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dengan aparatur hukum ini dimaksudkan untuk membantu mewakili pihak BPJS Kesehatan menyelesaikan masalah di bidang hukum perdata dan hukum tata usaha negara seperti pengacara.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang, Elisa Adam mengatakan, kerja sama dengan Kejari ini bukanlah yang pertama kali dilakukan, karena sebelumnya juga pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan Kejari Serang. “Dengan Kejari Serang kita sudah lakukan MoU, namun belum kita lakukan perpanjangan,” katanya.

Selain dengan Kejari, BPJS Kesehatan Cabang Serang juga melakukan koordinasi dengan Disnaker dan Apindo yang rutin melakukan pertemuan dua kali dalam setahun.

Kerja sama yang dimaksudkan untuk menghadapi sebuah badan usaha atau perusahaan yang tidak mau mendaftarkan pegawainya atau karyawannya, atau bahkan badan usaha atau perusahaan yang telah mendaftarkan karyawannya namun masih menunggak pembayaran setiap bulannya, padahal pihak BPJS sudah lakukan berbagai pendekatan secara sosialisasi, pendekatan secara lisan dan sampai menyurati namun tidak digubris.

Maka pihak BPJS dapat membawa masalah tersebut ke ranah hukum perdata untuk diproses melalui Kejari. (Wirda)