BPJS Ketenagakerjaan Tebar 1.000 Paket Sembako Murah di Ciruas

0
730 views
Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Dedi Arif dan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Muallif (kedua dari kanan) menyerahkan santunan kepada Teti secara simbolis.

SERANG – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang menyediakan 1.000 paket sembako saat menggelar bazar murah di kantor Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Kamis (21/12). Paket sembako senilai Rp 100.000 itu cukup ditebus Rp 50.000.

Kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang Muallif, bazar murah ini masih dalam rangkaian HUT ke-40 BPJS Ketenagakerjaan yang dilaksanakan pada Desember tahun ini.

“Bazar sembako murah ini salah satu apresiasi kami kepada Bupati Serang yang telah mem-backup kegiatan kami dalam pelaksanaan program jaminan sosial. Karena itu kami berikan bazar sembako murah untuk warganya. Bazar sembako ini ada 1.000 paket. Per paket Rp 50 ribu,” ujar Muallif.

Selain bazar sembako, lanjut Muallif, pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan. “Dengan cara ini warga akan memiliki kesadaran dan nanti akan ikut program BPJS Ketenagakerjaan sebagai peserta mandiri,” ungkapnya.

Ia juga berharap warga yang sudah ikut menjadi peserta mandiri akan memberitahukan kepada teman atau tetangga terdekatnya bahwa program BPJS Ketenagakerjaan ini sangat berguna bagi pekerja, seperti para pekerja di sektor informal bidang UMKM, agar mereka mendapatkan jaminan bila mengalami kecelakaan kerja atau terlindungi dari risiko akibat pekerjaan.

“Di Ciruas banyak pekerja UMKM, seperti perajin gerabah. Kami ingin memasukkan mereka yang memiliki penghasilan itu pada program BPJS Ketenagakerjaan seperti para perajin tas di Desa Kadugenep (Kecamatan Petir, Kabupaten Serang-red),” ungkap Muallif.

Camat Ciruas Wawan Setiawan merespons kegiatan bazar murah. “1.000 kupon terserap oleh warga di 15 desa yang ada di kami. Paket sembako Rp100 ribu dijual Rp 50 ribu sangat membantu warga. 1.000 paket ini terasa kurang,” ungkap Wawan.

Kata Wawan, pihaknya akan mengajak masyarakat untuk daftar BPJS Ketenagakerjaan. “Ya, kami juga akan bantu untuk sosialisasi dan mengajak perajin gerabah di Bumijaya untuk jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkap Wawan.

Pada kesempatan itu, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Serang menyerahkan santunan kepada Tati, ahli waris almarhum Unim Syafei yaitu berupa santunan jaminan kecelakaan kerja (JKK) Rp 152.304.000 dan jaminan kematian (JKM) Rp 36.000.000. Unim Syafei adalah seorang sopir di PT Bangun Beton, Cilegon, yang meninggal saat bekerja pada 27 September 2017.

Santunan secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Serang Dedi Arif. (Aas Arbi)