BPS Kota Serang Melaksanakan Census Night

0
593 views
Tim 1 yang dipimpin Kepala BPS Kota Serang Dadang Ahdiat (kiri) saat mendata tuna wisma di kawasan Royal.

SERANG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Serang melaksanakan Census Night (Sensus Malam) untuk mendata tuna wisma, gelandangan, pengemis, dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Kegiatan ini dipimpin langsung Kepala BPS Kota Serang Dadang Ahdiat  dan dihadiri tim supervisi dari BPS Provinsi Banten yang dipimpin Tutty Amalia.

Census Night merupakan bagian dari Sensus Penduduk 2020 yang pelaksanaannya 1-25 September 2020, sementara Census Night dilaksanakan diseluruh Indonesia pada 15 September 2020 mulai pukul 21.00 WIB hingga 16 September 2020 pukul 06.00 WIB.

Kepala BPS Kota Serang Dadang Ahdiat mengatakan, dalam sensus penduduk tahun 2020 ini, BPS mendata seluruh penduduk, tidak hanya yang berada dirumah tetapi juga orang-orang yang menjadi target Census Night ini. “Intinya, di Cencus Night ini kami ingin mendata orang-orang yang tuna wisma, gelandangan, pengemis, dan ODGJ,” katanya.

Dadang Ahdiat menambahkan, BPS Kota Serang mengerahkan sebanyak 20 petugas sensus yang dibagi menjadi tiga tim, terdiri dari petugas BPS Kota Serang, mitra BPS, dan dibantu Satpol PP Kota Serang untuk pendataan di 17 tempat yang menjadi tujuan sensus. “BPS Kota Serang hanya mendata mengenai nama, jenis kelamin, dan nomor induk kependudukan,” ujarnya.

Dirinya menghimbau kepada masyarakat dan meminta peran serta ketua RT untuk mendampingi dan menerima petugas sensus yang telah dilengkapi alat protokol kesehatan serta telah rapid test.“Mudah-mudahan dengan peran aktif dari semua pihak dapat mensukseskan program ini dan memberikan hasil terbaik,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Tim Supervisi dari BPS Provinsi Banten Tutty Amalia mengatakan, tujuan dari sensus ini untuk mendapatkan data dari semua penduduk lalu dikelompokkan berdasrakan jenis kelamin dan usia. “Kita ingin mendapatkan hasil dari pendataan, sehingga kita bisa memudahkan pemerintah untuk menyusun program-program sesuai segmennya,” katanya. (Adv)