Starter timnas Brasil saat uji coba jelang Piala Dunia 2018 melawan Jerman. Foto: AFP/JPNN

JAKARTA – Setiap World Cup, termasuk di Piala Dunia 2018, Timnas Brasil menjadi favorit. Juara dunia lima kali (1958, 1962, 1970, 1994, 2002) itu memiliki modal untuk selalu menjadi tim unggulan.

Untuk edisi Rusia 2018 ini, setidaknya ada enam alasan mengapa Tim Samba pantas dijagokan.

  1. Pelatih jauh dari kontroversi. Brasil dilatih oleh Tite. Pemilik nama asli Adenor Leonardo Bacchi ini berbeda dengan dua pendahulunya yang sering terlibat masalah dengan pemain atau pers. Pria berusia 56 tahun ini kalem, dekat dan dipercaya pemain.

2. Kiper top. Jika tak ada musibah, Allison Becker akan menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Brasil di Piala Dunia 2018. Penjaga gawang berusia 25 tahun yang digaji AS Roma ini memberikan rasa aman kepada rekan-rekannya. Cadangannya ada Ederson Moraes yang selalu menjadi andalan Manchester City.

3. Pertahanan kukuh. Tite membangun timnya dari lini belakang. Dia kembali memberikan kepercayaan kepada Thiago Silva, pemain yang sempat dicampakkan setelah kegagalan di Piala Dunia 2014. Kini Tite memiliki kombinasi bek tengah yang menjadi salah satu terbaik di dunia, bisa Thiago-Miranda atau Thiago-Marquinhos

4. Stok gelandang bertahan mumpuni. Tite mengantongi tiga nama gelandang bertahan yang memberikan keseimbangan luar biasa, Casemiro, Fernandinho dan Paulinho. Trio tadi juga bisa diandalkan mengatur serangan. Statistik Marca berbicara, kinerja lini pertahanan dan gelandang bertahan Brasil dalam 19 pertandingan terakhir terbilang memuaskan, hanya kebobolan lima gol.

5, Punya Nomor 9 Andal. Brasil dikenal sebagai tim yang ganas di depan. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, mereka justru tidak memiliki penyerang tengah murni yang ditakuti lawan. Di Afrika Selatan 2010, ada Luis Fabiano. Dia kuat namun tidak begitu hebat. Di Piala Dunia 2014, di kandang sendiri, Brasil punya Fred yang justru dicemooh fan karena kurangnya gol. Nah, era tersebut sepertinya berakhir. Tite punya nomor 9 menjanjikan bernama Gabriel Jesus atau Roberto Firmino.

6. Tak tergantung Neymar. Neymar adalah superstar. Namun dia bukan satu-satunya pemain kelas dunia jika berseragam timnas. Saat Ney absen, masih ada Philippe Coutinho, Willian hingga Douglas Costa yang bisa memenangi pertandingan untuk Brasil. (adk/jpnn/JPG)