Buat Grup WA Ajak Demo DPR, Pelajar STM Diamankan

0
301 views

SERANG – AG (16), pelajar sekolah teknik menengah (STM) di Kabupaten Pandeglang diperiksa penyelidik Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Banten, Jumat (4/10). AG diperiksa lantaran membuat grup WhatsApp (WA) yang berisikan ajakan demo pelajar STM ke gedung DPR.

“Sudah dilakukan pemeriksaan terhadap AG. Dia adalah admin grup WA yang mengajak pelajar STM untuk demo DPR. Kontennya (grup WA-red) provokatif,” kata Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Edy Sumardi Priadinata, Minggu (6/10).

AG awalnya membuat grup WA dengan nama WAG STM SE-BOGOR. Nama grup tersebut oleh AG kemudian diubah menjadi WAG PENERUS BANGSA. “Motifnya agar pelajar STM ramai-rami mengikuti demo di DPR,” kata Edy.

Jumlah anggota grup WA yang dibuat AG sebanyak 218 orang. Anggota grup semuanya adalah pelajar STM. “Peserta grup WA itu beranggotakan pelajar STM. AG membuatnya (grup WA-red) pada tanggap 27 September 2019 lalu,” ucap Edy.

Kasubdit V Siber Ditreskrimsus Polda Banten Komisaris Polisi (Kompol) Wiwin Setiawan mengatakan, AG telah membuat surat pernyataan berisi permohonan maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi perbuatannya

“Untuk AG dilakukan penyelesaian secara restorative justice. Pertimbangannya, dia masih anak di bawah umur dan tidak pernah mengirim pesan di dalam grup tersebut,” kata Wiwin.

Wiwin mengimbau agar pelajar lain tidak membuat grup di media sosial (medsos) yang provokatif. “Kami telah menyampaikan kepada orangtuanya agar anaknya diawasi lagi,” tutur Wiwin. (mg05/nda/ags)