Buat Laporan Palsu di Aplikasi Banten Bersatu, IMEI Diblokir

0
637 views

SERANG – Pengguna Banten Bersatu tak bisa main-main menggunakan aplikasi yang diluncurkan Kapolda Banten ini. Polda Banten bakal memblokir nomor international mobile equipment identity (IMEI) telepon seluler android milik pembuat laporan palsu.

“Kita akan blokir IMEI-nya langsung. Kalau ada pengguna iseng membuat laporan melalui aplikasi Banten Bersatu, ponselnya tak bisa digunakan lagi,” tegas Direktur Lalu Lintas Polda Banten Komisaris Besar (Kombes) Tri Julianto Djatiutomo, Selasa (24/1).

Dikatakan Tri, Polda Banten telah menyiapkan enam operator yang akan bertugas melayani masyarakat. “Fokusnya memang aplikasi pelayanan kepolisian, terutama Siskamling Go dan Panggilan Darurat,” jelas Tri saat mengecek gedung RTMC Polda Banten yang digunakan sebagai tempat operator aplikasi Banten Bersatu.

Sejauh ini, kata Tri, aplikasi Banten Bersatu sudah diunduh oleh 6.021 pengguna ponsel berbasis android. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah. “Untuk anggota (member Banten Bersatu-red) ada 2.244 orang,” ujar Tri.

Operator Banten Bersatu dapat mengetahui IMEI nomor ponsel penggunanya lantaran mereka menjadi member ketika mengunduhnya. Pendaftar harus mencantumkan identitas asli. “Harus dicantumkan nomor ponsel yang aktif dan nomor KTP,” jelas Tri.

Untuk itu, Tri mengimbau pengguna aplikasi Banten Bersatu untuk layanan darurat dalam kondisi terdesak. Misalnya, melihat atau mengalami tindak kejahatan.

“Setelah dipastikan informasi itu benar, operator akan mengirimkan informasi itu ke seluruh petugas di wilayah hukum kejadian. Tentu, petugas yang menggunakan android,” katanya.

Secara otomatis, anggota polisi terdekat akan menuju lokasi kejadian. “Jadi, aplikasi ini memang kuncinya pada quick respons,” jelas Tri.

Salah satu operator aplikasi Banten Bersatu, Briptu Prayoga, mengaku jika hingga kemarin belum menerima laporan dari pengguna aplikasi tersebut. “Baru ada dua orang. Saat kita cek, ternyata cuma baru mencoba,” ujar Prayoga. (Merwanda/Radar Banten)