Bugelmasjid Makin Bersih, Asri, dan Berwarna

PADARINCANG – Semakin bersih, asri, dan jadi berwarna. Tiga hal itu menggambarkan lingkungan RW 01, Kampung Bugelmasjid, Desa Bugel, Kecamatan Padarincang, saat penilaian kedua yang dilakukan tim 4 juri Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, Kamis (5/12).

Rumah-rumah warga di Bugelmasjid, saat ini, telah dilengkapi tong sampah. Halaman rumahnya jadi bersih. Tanaman hias dan bunga di dalam pot serta beberapa lukisan cat menghiasi jalan lingkungan di kampung itu. Beberapa tembok rumah warga dijadikan media lukisan grafiti dan majalah dinding (mading) untuk menempelkan foto dokumentasi kegiatan warga menata lingkungan Bugelmasjid.

Anggota tim 4 juri LKBA 2019 perwakilan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang Nasir Al Afghani mengaku, terkejut dengan perubahan Bugelmasjid. “Sekarang, suasananya makin bersih, hijau, dan berwarna. Keren,” ungkapnya.

Pada penilaian tahap pertama, Nasir mengatakan, jalan lingkungan di Bugelmasjid belum dihias dengan bunga dan lukisan cat. Tong sampah pun terbatas. “Hal itu yang jadi catatan kami (tim juri-red) untuk dilengkapi,” katanya.

Tim juri perwakilan Polda Banten Kompol Alimuda Pulungan menambahkan, perubahan juga terjadi dari sisi keamanan. Sekarang, Bugelmasjid telah memiliki kelompok pemuda sadar hukum. “Perangkat keamanannya (di pos ronda-red) juga sudah lengkap,” ujarnya.

Kepala Desa Bugel Muhtar menjelaskan, pembenahan lingkungan Bugelmasjid dilakukan pemerintah desa dan warga. “Alhamdulillah, kekompakan warga Bugel luar biasa,” ujarnya. (mg06/don/ira)