Buka Diklat PIM III, Sekda: Pemimpin Harus Inovatif, Kreatif dan Inspiratif

PANDEGLANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Suharta, membuka pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Tingkat III di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten di Badan Pendidikan dan Latihan (Badiklat) Provinsi Banten, Karang Tanjung, Kabupaten Pandeglang, Senin (18/7).

Dalam arahannya, Sekda menjelaskan, Diklat Kepemimpinan merupakan salah satu kegiatan yang mendukung proses pengembangan dan penataan kompetensi. Sasarannya, untuk menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki kemampuan memimpin sesuai dengan persyaratan jabatan struktural yang diembannya.

“Kompetensi yang dibangun pada Diklat ini adalah kompetensi kepemimpinan operasional, yaitu kemampuan membuat perencanaan kegiatan intansi dan memimpin keberhasilan implementasi pelaksanaan kegiatan tersebut,” kata Ranta melalui rilis yang diterima Radar Banten Online.

Menurutnya, pelaksanaan Diklat Pim III ini akan menggunakan sistem pola baru yang lebih aplikatif, dengan materi pembelajaran yang dirancang untuk menciptakan pemimpin perubahan dengan meningkatkan kemampuan leadership birokrasi di sektor publik, serta cara pembelajaraanya berbasis pada pengalaman dan bersifat in-off kampus.

“Seorang leader tentu berbeda dengan manager karena leader harus memiliki visi yang jauh ke depan, mampu memberikan motivasi, mampu menginspirasi, adaptif terhadap perubahan, berfikir kreatif dan out of the box serta mampu menciptakan inovasi-inovasi baru,” jelas Sekda.

Sekda menambahkan, kehadiran para peserta Diklatpim yang mayoritas menduduki jabatan eselon III dan calon pejabat eselon III dapat menunjukan komitmennya terhadap pembangunan sumber daya aparatur di negara ini. “Saya berharap keikutsertaan saudara-saudara seyogyanya bukan hanya didasar oleh kewajiban untuk memenuhi persyaratan untuk menduduki jabatan, tetapi merupakan perwujudan upaya kita bersama dalam rangka tuntutan pelayanan publik, dan tuntutan peningkatan daya saing bangsa di era globalisasi agar mampu memimpin secara profesional, visioner, bersih dan bertanggung jawab,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badiklat Banten Endrawati menjelaskan, penyelenggaraan Diklat ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi taktikaal bagi pejabat struktural eselon III dan calon pejabat Eselon III dalam melaksanakan tupoksi serta mempunyai kemampuan menjabarkan visi-misi instansi.

“Kali ini jumlah peserta Diklat PIM III berjumlah 80 orang. Mereka berasal dari kabupaten dan kota di banten. Waktu pelaksanaan dari Juli sampai November mendatang dengan materi di dalam dan luar kelas,” katanya. (Fauzan Dardiri)