Bukan Tuan Rumah Utama, Banten Tetap Siap Sukseskan Asian Games XVIII

Asian Games
Sekretaris Daerah Banten Ranta Soeharta (dua dari kanan) menghadiri penghitungan mundur Asian Games XVIII 2018 di Pendopo Lama Gubernur Banten, Kamis (31/12/2015) malam. (Foto: Andre AP)

SERANG – Meski bukan sebagai tuan rumah utama, Banten tetap menyatakan kesiapan menyukseskan perhelatan akbar multievent Asian Games XVIII Jakarta-Palembang 2018. Itu karena 10 cabang olahraga (cabor) dari 38 cabor yang dipertandingkan nanti akan dihelat di Banten.

Kesiapan Banten menyukseskan Asian Games XVIII disampaikan Gubernur Rano Karno pada sambutannya yang dibacakan Sekretaris Daerah Banten Ranta Soeharta pada acara Road To Asian Games XVIII yang sekaligus sosialisasi dan promosi Asian Games XVIII di Pendopo Lama Gubernur Banten, Kamis (31/12/2015) malam. Kersempatan tersebut, Ranta juga melakukan hitungan mundur 940 hari menuju Asian Games XVIII. “Kami berterima kasih kepada pemerintah pusat dan panitia Asian Games yang menunjuk Banten menjadi salah satu dari enam provinsi, yakni Sumatera Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan sebagai tempat sosialisasi dan promosi Asian Games XVIII. Dan kami juga menyatakan siap menjadi tuan rumah pendukung Asian Games XVIII,” kata Ranta.

Kata dia, Indonesia sudah menunggu lama untuk ditunjuk kembali sebagai tuan rumah Asian Games. “Terakhir Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 1962. Makanya jangan disia-siakan kepercayaan ini. Kita harus berkolaborasi agar Asian Games XVIII berlangsung sukses. Baik sukses penyelenggaraan dan prestasi,” imbuhnya.

Sebagai tuan rumah pendukung, Banten harus bisa memberi yang terbaik bagi peserta. “Rencananya 10 cabor akan dipertandingkan di Banten. Ini kesempatan emas bagi Banten untuk promosi berbagai potensi kepada peserta Asian Games yang datang dari 45 negara. Baik itu promosi wisata, budaya, maupun kuliner. Kita harus bisa memanfaatkan setiap peluang untuk memajukan Banten,” tutur Ranta.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Dasril Anwar menyatakan, sosialisasi dan promosi Asian Games XVIII akan dilakukan beberapa kali agar masyarakat Indonesia benar-benar mengetahui bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games. “April 2016 akan ada lagi sosialisasi dan promosi seperti ini. Tapi kami pastikan akan lebih meriah. Banten juga termasuk salah satu daerah tempat kami menggelar sosialisasi dan promosi pada April nanti,” ucapnya singkat.

Diketahui, pada acara sosialisasi dan promosi Asian Games XVIII di Banten dimulai dari karnaval yang diikuti beberapa atlet nasional. Puncaknya, penghitungan mundur Asian Games dilakukan di Pendopo Gubernur Lama yang bertepatan dengan pergantian tahun baru. Acara itu juga ikut dimeriahkan artis-artis papan atas, seperti J-Rock, Vierratale, dan Cita Citata. (RB/dre/air/ags)