Bulan Depan, Pemkab Lakukan Vaksinasi

0
1706
Bupati Irna Narulita (dua dari kanan) menyampaikan arahan di acara rakor vaksinasi Covid-19 di aula Setda Kabupaten Pandeglang, Selasa (12/1).

PANDEGLANG – Pemkab Pandeglang rencananya akan melakukan vaksinasi atau pemberian vaksin corona kepada masyarakat pada awal bulan Februari mendatang.

Informasinya, Pemkab mendapatkan jatah vaksin sebanyak 4.430 dosis dan akan langsung diberikan kepada pegawai dan masyarakat.

Juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang Achmad Sulaiman mengatakan, pendistribusian vaksin dari Pemprov Banten kepada Pemkab Pandeglang direncanakan dilakukan pada termin kedua atau bulan depan. “Tahap pertama Kabupaten Pandeglang terjadwalkan termin kedua di bulan Februari untuk pengambilannya ke Provinsi Banten,” katanya, kemarin.

Sulaiman mengaku, lembaganya telah menyampaikan kebutuhan vaksin kepada Pemprov Banten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang. “Jumlah vaksin yang dibutuhkan untuk tenaga kesehatan di Pandeglang sebanyak 2.343. Informasinya, kita akan dapat 443 pial vaksin, di mana satu pial vaksin itu untuk 10 orang. Kalau ditotal, kita akan dapat 4.430 dosis,” katanya.

Menurut Sulaiman, saat ini pihaknya fokus menyiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam melakukan vaksinasi kepada para pegawai, tenaga kesehatan, masyarakat, anggota Polri, TNI, dan lainnya.

Oleh karena itu, dia meminta kepada masyarakat dan pihak terkait agar bisa bekerja sama dalam menangani persoalan vaksinasi tersebut. “Pemberian vaksin bukan hal kecil, kami akan bekerja sama dengan seluruh komponen misalkan dalam pengawalan yang akan melibatkan TNI dan Polri,” katanya.

Sulaiman memastikan, pihaknya siap menerima vaksin dari Pemprov Banten dan telah menyiapkan tempat khusus agar tidak mengganggu kualitasnya.

“Sejauh ini baik untuk tempat penyimpanan di PKM, atau kesiapan nakes tentu sudah kami persiapkan agar sesuai dengan SOP hingga pembentukan pokja untuk menilai efek samping KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi),” katanya.

Sementara itu, Ketua Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang Irna Narulita meminta kepada seluruh masyarakat Pandeglang agar tetap  memperhatikan protokol kesehatan dalam melaksanakan aktivitas.

Tindakan itu, kata dia, harus dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona. “Masyarakat harus memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak kemudian ditambah menjauhi kerumunan dan makan makanan bergizi guna meningkatkan imun,” katanya. (dib/zis)