Bule Belanda Tertarik Batik Loji Majalengka

0
1.048 views
Turis asal Belanda mencoba belajar membatik di PKBM Bina Taruna Desa Loji Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka. (Istimewa/JawaPos.com)

MAJALENGKA – Kerajinan batik di PKBM Bina Taruna, Desa Loji, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, kedatangan beberapa turis asal Belanda. Mereka memberikan apresiasi dengan ikut belajar proses membatik tulis, cap, maupun printing.

Ketua PKBM Bina Taruna sebagai penggiat batik Loji, Entur Turwiyati mengatakan, belum lama ini tiga turis asal Belanda mengunjungi rumah batiknya. “Mereka tengah bertandang ke JAF di Desa Jatisura, kemudian mereka ingin mengetahui proses pembuatan batik,” terang Entur kepada Radar Majalengka (Jawa Pos Group).

Menurutnya, para turis berencana mengadakan workshop batik yang diagendakan Agustus mendatang. Mereka sangat senang berada di Loji dan membeli bahan batik bermotif genting.

Entur berharap kunjungan para turis bisa mengangkat citra dan karya mandiri warga lokal yang punya nilai seni dan budaya tinggi. Dia meminta generasi muda mampu menjaga dan memelihara warisan seni dan budaya agar diteruskan kepada generasi berikutnya.

Saat ini Entur mengaku belum bisa membuat pakaian batik yang sudah jadi dan siap pakai dan baru bisa memproduksi bahan kain. Sementara sejumlah pasar modern memesan banyak batik yang sudah jadi dan siap pakai.

“Bina Taruna akan membuka konveksi untuk memenuhi pesanan batik yang siap pakai,” ujarnya. (ara/yuz/JPG)